Sensasi Warung Lodeh “Pak TO” Ngembal Kulon Jati Kudus

oleh -2,354 kali dibaca

Haaiiii Jumpa lagi bersama kita dalam program acara isktv jalan jalan kuliner Wuenaak tenaan yg tentunya masih didukung oleh Sukun 2000. Meluncur ke salah satu daerah yg ada di kudus tepatnya ada di Ngembal Kulon, kita pingin coba icip icip masakan sebuah warung lodeh milik P. H. Sugiyanto. Letaknya tak jauh dari dua kampus besar di kudus yaitu UMK dan Stain kudus Warung ini memang bukan skala rumah makan besar, hanyalah sebuah warung makan sederhana, namun tetap memberikan sensasi rasa makanan yang jadi favorit di berbagai kalangan terutama mahasiswa dan anak kost, karna untuk harga memang bisa terjangkau siapa saja…

Meski begitu sedulur isk, dari pantauan kami, warung ini memang jadi jujugan bagi semua orang, tanpa peduli kelas sosial, selain mahasiswa dan anak-anak kost ternyata warung ini memang ada pegawai, ada buruh, ada pengusaha juga bahkan ada keluarga yang datang lengkap suami istri bersama anak-anaknya, wow pokoknya warung rakyat yang jadi favorit segala lapisan masyarakat. Jangan kaget karna saking ramenya pembeli tempat parkir kendaraannyapun ikut laris, banyak deh yg gak kebagian tempat..ckckck sampe segitunya yaa..

Pak To panggilan akrab dari si pemilik warung lodeh ini mulai membuka warungnya dari jam 6 petang , dan biasanya tutup jam 10 malam. Waduh kok bentar amat yaa… wee jangan ditanya sedulur ISK meski warungnya keliatan biasa2 aja tapi kalo dijam 7 malam pembelinya luaar biasa… Warung ini memang menjadi salah satu incaran bagi mereka yang mencari santapan di sore dan malam hari. Sedulur ISK menu utama di warung ini adalah nasi lodeh, ya sayur lodeh sudah sangat beken bagi lidah orang indonesia, tapi sedulur isk nasi dengan sayur lodeh ini menurut pakar kuliner adalah masakan asli khas Jawa, meski sekarang sayur lodeh juga sangat dikenal oleh masyarakat sunda dan Jakarta bahkan di seluruh nusantara, kelezatannya sayur lodeh ini didapat dari aneka bumbu bersama kuah santannya tentu….Dan biasanya santan itu sendiri ada yg berwarn putih ada juga yg berwarna merah.

Nha bahan yg sering digunakan ada labu siam,plus kacang panjang, kadang terong dan kacang panjang lebih uenak lagi bila ditambah dengan petai dan tempe… Wuenaak tenaan… masakan yg enak dan gurih ini memang menyerupai kari tapi masakan ini hanya menggunakan sayur sayuran bukan makanan laut. Dan akan terasa lebih menyegarkan juga cucok bila dipadukan dengan telur, jangan sampai ketinggalan juga sambalnya yaa… Untuk mnemanii nasi lodehnya, P. To sengaja menyediakan berbagai macam lauk yang siap untuk dicomot. Ada, telur, jeroan, tahu susur, bakwan, dan aneka macam lauk serta gorengan lainnya.

Oya Tahu dan tempe semurnya juga ada lo… dijamin wuenak tenaan. Hayuuk sedulur ISK buat yg mo icip icip kesini. Dari lampu merah ngembal kita ke barat ngleewati pertigaan Stain tepat di depan masjid ngetuk masuk gg ke arah selatan… nha disitu itu ada warung lodehnya pak To. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :