Tahun Depan UMK Blora Bakal Naik

oleh -958 kali dibaca

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Tahun 2017 mendatang, dipastikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Blora bakal dinaikkan. Mengingat tingkat inflasi Dan perkembangan Ekonomi. Saat ini Pemerintah Kabupaten Blora, tengah mengajukan perubahan kenaikan UMK ke pemerintah provinsi.

Menurut Zuhri, Kabid Hubungan Industrial dan pengawasan tenagakerjaan Dinas Ketenaga Kerjaan Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Blora, upah yang diajukan sebesar Rp. 1.436.000 naik dari UMK sebelumnya sebesar Rp. 1.328.000.

“UMK yang diajukan tahun ini akan naik 8,25 % dan yang tertinggi sampai 8,5%,” kata Zuhri. Jumlah yang diajukan tersebut bukanlah jumlah yang pasti. Akan tetapi ada kemungkinan mendapat revisi dari Provinsi.

Dia menjelaskan bahwa naiknya UMK tersebut akan terjadi se-Indonesia. Untuk naiknya upah di Blora yang menjadi pertimbngan adalah tingkat inflasi dan perkembangan ekonomi. Sedangkan penetapan UMK yang telah diajukan, menurut dia, baru akan disahkan oleh Gubernur paling lambat pada 20 November 2016 ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, meskipun UMK 2017 ditetapkan pada 20 November, bukan berarti perusahaan di Blora seketika itu harus melaksanakan putusan tersebut. Namun keputusan tersebut baru berlaku pada tahun 2017 mendatang.

Saat di singung terkait naiknya UMK di blora ini apakah perusahaan akan keberatan?, Zukhri menjelaskan, setelah UMK ini ditetapkan perusahaan akan di berikan waktu selama 40 hari untuk penyesuain dengan kenaikan UMK. “Jadi selama November sampai ahir Desember adalah masa penyesuaian untuk perusahaan yang ada di Blora dengan kenaikan UMK yang baru,” terangnya.

Sebab, setelah UMK naik otomatis kebutuhan setiap perusahaan juga akan semakin meningkat. Untuk Iuran Asuransi keselamatan tenaga kerja yang dibayarkan oleh perusahaan juga akan meningkat. (Ahmad Sampurno)

KOMENTAR SEDULUR ISK :