Tampil Beda, Warga Besito Sambut HUT RI dengan Kampung Spongebob

oleh
Tampil Beda, Warga Besito Sambut HUT RI dengan Kampung Spongebob
Foto: Kampung spongebob di di RT 2 RW 5 Desa Besito Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menyambut HUT RI ke 73 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Di Kabupaten Kudus sendiri, semarak peringatan HUT RI telah terasa sejak awal bulan Agustus kemarin.

Berbagai pernak-pernik dan ornamen khas momen kemerdekaan seperti bendera merah putih dan umbul-umbul, telah menghiasi berbagai penjuru negeri ini. Sejumlah kegiatan seperti jalan sehat dan lomba juga digelar untuk menyemarakkan suasana peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Sebuah pemandangan berbeda ditampilkan oleh Remaja Modinan (Remot) Desa Besito Kecamatan Gebog, Kebupaten Kudus. Untuk menyambut HUT RI, para remaja yang digawangi oleh Muslikhan (35) itu, bekerjasama menciptakan kampung 3D Art yang diberinama Kampung Spongebob.

Tepatnya di Gang 9 Desa Besito, para Remot menyalurkan bakat terpendamnya. Bermodalkan cat bekas yang dikumpulkan secara kolektif, gang sempit dengan lebar 2 meter dan panjang 100 meter tersebut disulap menjadi kampung warna warni.

Berbagai macam tokoh dalam serial kartun Spongebob tergambar jelas di sana. Spongebob, Plankton, Patric, Garry hingga rumah nanas Spongebob, rumah batu milik patric dan rumah Squidward juga terlukis nyata lantai jalan maupun dinding rumah warga.

Muslikhan mengungkapkan ide pembuatan kampung 3D art telah muncul dari awal bulan Mei lalu. Hanya saja baru bisa terealisasi pada 4 Agustus kemarin. Menurutnya dari sekian banyak serial kartun yang ditawarkan, Spongebob menjadi serial kartun pilihan anak-anak di Desanya.

“Sebelumnya kami telah melakukan poling ke anak-anak RT 2 dan 3 Rw 6 terkait karun yang menjadi tema kampung 3D tersebut. Dari tiga kartu yang kami tawarkan yakni Shaun The Sheep, Upin Ipin dan Spongebob, anak-anak memilih Spongebob,” jelasnya pada isknews.com Selasa (14-08-2018).

Tampil Beda, Warga Besito Sambut HUT RI dengan Kampung Spongebob
Foto: Kampung spongebob di di RT 2 RW 5 Desa Besito Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. (Istimewa)

Untuk dana, Muslikhan mengaku pihaknya tidak terlalu banyak mengeluarkan dan untuk pembuata kampung 3D ini. Pasalnya, sebagian besar cat yang digunakan adalah cat bekas dari warga. Total biaya yang dibutuhkan pihaknya untuk pembuatan kampung spongebob berkisar antara Rp. 500 ribu saja.

“Saat ini proses pengecatan telah berjalan sebesar 50 persen dengan 10 gambar kartun,” ujarnya. Terkait kenadala yang dihadapi, ia mengaku tidak memiliki kendala serius dalam proses pengerjaannya.

Proses desain dan pengecatan dilakukan pada malam hari dimana aktivitas warga tidak terlalu tinggi. Dikerjakan secara bersama-sama dan bergilir, membuat pekerjaan tersebut terasa ringan.

Diungkapkannya, meskipun kampung 3D tersebut diberinama kampung spongebob. Tetapi pihaknya tetap menyisipkan nuansa kemerdekaan di dalamnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya foto Soekarno sang tokoh proklamator di salah satu pagar rumah warga.

Meskipun proses pengecatan hanya dilakukan disebagain Gang 9 Besito, Muslikhan mengaku puas. Pasalnya, keberadaan kampung spongebob tersebut dapat diapresiasi positif oleh warga.

“Kampung spongebob ini sekarang justru digunakan oleh orang tua sebagai tempat momong anak. Namanya anak-anak kalau lihat gambar-gambar tokoh kartun kesayangannya pastinya senang dan gak rewel. Saya, senang tempat ini bisa menjadi sarana bermain dan hiburan gratis bagi warga,” terangnya.
Imbuhnya, “Lokasi ini nantinya juga akan kami gunakan untuk lomba-lomba 17 Agustusan. Dengan adanya coretan warna-warni ini suasana hari kemerdekaan bisa lebih meriah tanpa meninggalkan makna utamanya yakni meningkatkan kesatuan antar warga dan NKRI.” (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :