Tugu Identitas Kudus Kini Sepi Pengunjung

oleh

Kudus, isknews.com – Tak dapat dipungkiri, pasca insiden terbakarnya Matahari Mall tahun lalu. Geliat wisata dan kunjungan ke Tugu Identitas kian hari kian lesu.

Belum tersedianya lahan parkir mandiri, masih digunakannya anak tangga manual untuk naik ke atas dan sejumlah kerusakan pada bangunan yang menjadi ikon Kota Kudus itu membuat pengunjung berpikir dua kali. Jika ingin mengunjungi lokasi wisata yang terletak di Jalan Mayor Basuno tersebut.

TRENDING :  Kirab Gunungan Hasil Tanam Sebagai Simbol Warga Rahtawu Mencintai Gunungnya
Tugu Identitas Kudus saat dibersihkan oleh para relawan (Foto: YM)

Wiwik, pengelola objek wisata Tugu Identitas mengungkapkan dalam sehari rata-rata ada sekitar dua hingga sepuluh pengunjung yang datang ke sana. Bahkan tak jarang, dalam sehari dirinya tak menjumpai satu pengunjung pun yang datang.

“Dulu lumayan ramai, sekarang sepi,” ujarnya.

Minimnya inovasi untuk menghidupkan kembali Tugu Identitas, dinilai menjadi salah satu penyebab lesunya kunjungan wisata di sana.

TRENDING :  Mendapat Pembinaan, PKL Kawasan Wisata GOR Diharap Menjaga Kenyamanan Pengunjung

Untuk memaksimalkan potensi yang ada. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus yang menjadi leading sektor pengelolaan Tugu Identitas melakukan sejumlah perbaikan. Salah satunya dengan merenovasi sejumlah anak tangga yang keropos, pengecatan kembali dinding dan penataan ruang.

Mutrikah, Kepala UPT Objek Wisata Kudus mengatakan sejak bulan Oktober lalu, pihaknya telah melakukan perbaikan di Tugu Identitas. Dan hingga kini, tugu tersebut masih dalam proses perawatan oleh pihaknya.

TRENDING :  Lebih 3 Bulan Mangkir Kerja 4 Orang ASN Kudus Terancam Dipecat

“Sementara ini memang kami tutup dulu, demi keamanan pengunjung. Setelah selesai, akan segera kami buka kembali,” ujarnya.

Meski perawatan yang dilakukan belum bisa maksimal, Tika berharap agar wisata ikon Kabupaten Kudus itu bisa lebih nyaman dikunjungi. Sehingga masyarakat bisa kembali tertarik untuk berkunjung ke sana.

“Yang ada coba kita maksimalkan,” tutupnya singkat. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :