Warga Serbu Pasar Murah Yang Digelar Pemkab

oleh -857 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemkab Jepara menggelar pasar murah di area Shopping Center Jepara (SCJ), Kamis (15/6/2017). Berbagai bahan kebutuhan pokok dijual di pasar murah ini, seperti beras, gula hingga minyak goreng. Harga yang lebih rendah dari harga pasaran membuat barang yang dijual habis dalam sekejap.

Untuk jenis kebutuhan pokok yang disediakan Pemkab Jepara, diantaranya yaitu beras 1,8 ton dengan harga Rp. 7500/kg. Gula pasir 3,3 ton dengan harga Rp. 9000/kg, minyak goreng 3.780 liter dengan harga Rp. 10.000/liter. Tepung terigu 336 kilogram dengan harga Rp. 2.500/kg dan telur ayam 840 kg dengan harga Rp. 17.000/kg.

Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap kegiatan tersebut dapat meringankan beban masyarakat jelang lebaran. Ia berpesan, agar tidak berlebihan dalam membeli kebutuhan di Pasar Murah. “Meskipun harganya dibawah harga pasaran, jangan lantas membeli sebanyak-banyaknya agar semuanya bisa kebagian,” katanya.

Andi, mengakui selama Ramadhan dan menjelang lebaran harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Hal itu lebih dikarenakan naiknya permintaan warga. Disamping itu faktor distribusi ditengarai juga ikut menjadi penyebab. Pasar murah tersebut diikuti oleh dinas dan lembaga yang ada di Jepara. Total ada 25 stan, termasuk diantaranya milik Dinas Ketahanan Pangan Provinsi.

Kasi Harga Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jateng Agus Sudjatono mengatakan, pihaknya menyediakan paket sembako gratis senilai Rp 50 ribu, kepada 120 warga kurang mampu. Terdiri dari minyak, gula pasir dan telur. “Kita juga menggandeng kelompok tani yang menyediakan beras premium seharga Rp 7.500 per kilogram,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Suwarti mengatakan, dirinya sudah menunggu pasar murah ini yang memang tiap tahun digelar. Dirinya membeli gula, beras dan minyak goreng. “Mumpung ada pasar murah, daya beli buat persiapan lebaran,” katanya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :