Yuris, Atlet Tembak Kudus Ikuti Kejuaraan Piala Presiden

oleh

Kudus, isknews.com – Yuris Februarik, atlet menembak dari Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kabupaten Kudus akan menjadi satu-satunya atlet Kudus yang akan berpartisipasi diajang Kejuaraan Menembak Piala Presiden awal September 2020 besok.

Yuris yang berasal dari Klub penembak jitu Buser Hunting Shooting Club Kudus ini akan turun di kelas  metalic shilhoutte air rifle 4,5 mm atau Air Riffle Match 25 M Putra.

Atlet yang mengaku mulai menekuni olahraga menembak sejak tahun 2000 ini hingga kini telah mengantongi sebanyak 21 medali dari berbagai kelas kejuaraan mulai dari kelas Benchrest World Rimfire dan Air Rifle  Benchrest Federation (WRABF), Benchrest 41 meter dan PCP 33 meter Pompa .

Diikuti oleh banyak atlet bertaraf nasional dan banyak kelas yang akandipertandingkan pada kejuaraan tersebut. Namun menurutnya, dalam kejuaran kali ini dirinya mentargetkan untuk bisa memperoleh posisi di 3 besar nasional dikelas kejuaraan yang diikutinya.

Atlet Tembak Kudus Yuris Februarik diapit oleh ketua KONI Kudus Antoni Alfin dan Wakil Ketua Harian Perbakin Krisno Widjojo (Foto: YM)

“Dari Jawa Tengah sendiri diperkirakan akan mengikutkan 15 atlet, sementara saingan terberatnya justru atlet dari Kabupaten Rembang yang kebetulan juga atlet nasional peraih medali perunggu di Sea Games 2019 tahun kemarin,” tuturnya saat ditemui di sekretariat KONI Kudus, Senin (31/08/2020).

Yuris mengaku sudah menyiapkan baik fisik dan mental untuk berlaga di ajang bergengsi ini. Meskipun dia mengakui dimasa pandemi ini intensitas berlatihnya jauh berkurang dibanding sebelumnya.

Sementara itu Wakil Ketua Harian Perbakin Krisno Widjojo yang mendampingi Yuris saat hadir di KONI mengatakan, kendala terbesar dalam olahraga menembak adalah sarana dan prasarana atlet yang kurang memadai.

“Bahkan untuk berlatih dengan lapangan yang memenuhi standar Perbakin mereka harus keluar kota, terpaksa para atlet berlatih dilapangan yang seadanya, biasanya kami dilapangan Jambu Bol,” kata Krisno.

Krisno menuturkan pembinaan pada bibit-bibit atlit menembak biasanya dilakukan oleh klub-klub yang ada yang kebanyakan adalah putra-putri dari atlet itu sendiri.

Sementara itu Ketua KONI Kudus, Antoni Alfin mengomentari pemberangkatan atlet menembak dari Kudus pada kejuaraan Piala Presiden di Jakarta menyampaikan, dirinya bersyukur ada atlet dibawah binaannya yang akan mewakili Kudus di kejuaraan nasional tersebut.

“Ya Alhamdulillah hari ini atlet kita akan berangkat mengikuti kejuaraan menembak di Jakarta. Sehingga ini nantinya bisa dijadikan tolak ukur bagi atlet kita untuk menghadapi Porprov 2022 , semoga pulang berhasil meyabet medali,” ucap Antoni.

Saat disinggung mengenai sarana lapangan tembak, Anton mengakui mungkin memang pihaknya belum bisa menjanjikan apapun terkait penyelenggaraaan lapangan tembak bagi atlet-atletnya.

“Namun untuk pengadaan senjata atau senapan bagi atlet menembak dirinya akan upayakan untuk bisa membantu,” terangnya. (YM/YM)



KOMENTAR SEDULUR ISK :