40 Pejabat Ikuti Diklatpim

oleh
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebanyak 40 orang pejabat esselon IV di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV angkatan XCV dengan menggunakan pola baru. Diklat tersebut dilaksanakan dengan pola kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Diklat dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara di Pendapa Kabupaten Jepara, dengan pemukulan gong serta penyematan tanda peserta.
 
Sekda Kabupaten Jepara Ir. Sholih, MM, menjelaskan bahwa, diklatpim tingkat IV angkatan XCV dengan pola baru merupakan ajang untuk mengasah pola pikir, mindset dan niat dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) agar para aparatur pemerintahan bisa memberikan kontribusi maksimal kepada organisasi pemerintahan.
 
Diklatpim tingkat IV dengan pola baru ini tidak hanya bermanfaat untuk organisasi, tetapi juga bagi pribadi saudara semua. Manfaat tersebut antara lain terjadinya perubahan dan peningkatan dari segi kemampuan, pengetahuan, sikap, dan perilaku sesuai dengan tuntutan tugas dan jabatan yang saudara emban,” tuturnya.
 
Sholih menegaskan, dalam transformasi birokrasi yang diubah tidak hanya struktur dan fungsinya tetapi juga perilaku aparaturnya. “Transformasi birokrasi adalah perubahan perilaku birokrat, yang memberikan kesadaran baru, bahwa pemerintah dibentuk tidak untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani rakyat. Perubahan perilaku tersebut, dari “mesin politik” di masa lalu, sekarang harus netral dan profesional, serta mengembangkan diri agar mampu mewujudkan visi dan misi organisasi,” ungkapnya.
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala BPSDMD Provinsi Jateng Sari Puspita Andriyani S, SH, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kabid Sertifikasi, Kompetensi dan Penjaminan Mutu Andi Suryanto, S.STP, M.Si berpesan, “diklat bukan sekedar upaya pemenuhan syarat administrasi yang bersifat rutin belaka, tetapi diklat harus dimaknai sebagai program besar dalam pencapaian reformasi birokrasi,” ujarnya.
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara Abdul Syukur, MH, menuturkan, pelaksanaan diklat sampai 4 Agustus 2017 bertempat di Kampus Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan UNDIP Semarang yang berlokasi di Telukawur Jepara dan peserta nantinya akan diasramakan.
 
“Diklatpim diikuti oleh 40 orang terdiri dari pejabat struktural eselon IV.a dan IV.b dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Jepara. Diklat tersebut dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 893 jam yang terbagi atas 290 jam pelajaran untuk pembelajaran kegiatan di dalam kelas dan 603 jam pelajaran kegiatan di luar kelas,” bebernya. (ZA)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Waspada Penipuan Berkedok Koperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*