Berbagai Produk Kreasi Sampah Dipamerkan

oleh
ISKNEWS.COM

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara menyelenggarakan pameran kreatifitas sampah. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Setda Jepara Ir. Sujarot pada Rabu, (1/11/2017) pagi di seputaran Pendopo Kabupaten Jepara. Berbagai macam kreasi unik berbahan sampah dipamerkan dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sujarot menyempatkan untuk berkeliling stand. Seperti halnya di stand bank sampah Syariah Rizafa yang menampilkan berbagi macam olahan dari botol bekas yang disulap menjadi berbagai macam kerajinan, seperti bunga dll. Sedangkan di bank sampah lestari Demaan salah satunya menampilkan kreasi dari batok kelapa. Ada juga yang memanfaatkan limbah kayu bekas untuk dimanfaatkan meja dan kursi seperti yang ditampilkan kelompok bank sampah kalem.

Untuk komunitas peduli lingkungan disekolah, juga diikuti beberapa sekolah adiwiyata di Kabupaten Jepara. Untuk SMA N 1 Bangsri, menampilkan briket pengganti batu bara yang terbuat dari sampah organic, pupuk tanaman cair yang berasal dari sampah organis. Selain itu, juga berbagai macam kerajinan yang terbuat dari koran bekas untuk dibuat vas bunga dll. Sedangkan SMP N 5 Jepara menampilkan berbagai macam hasil kreasi siswa yang terbuat dari limbah kayu, seperti talenan untuk memasak, dll.

TRENDING :  Jepara Berangkatkan 60 Pramuka Siaga Ke Binwil

Kepala DLH Jepara Fatkhurahman mengatakan, pameran kreatifitas sampah ini, diikuti 24 kelompok atau komunitas peduli sampah di Kabupaten Jepara, baik masyarakat umum maupun sekolah. Kegiatan bertujuan, untuk menumbuhkan semangat komunitas peduli lingkungan, untuk mengolah atau memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai tinggi. “Pameran sampah ini, dibuka secara gratis selama dua hari, mulai, Rabu (1-2/11/2017) di seputaran pendopo Kabupaten Jepara mulai pukul 08.00 WIB s.d pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

TRENDING :  Gelombang Laut Ancam Empat Rumah Warga Ujungbatu

Asisten II Setda Jepara Sujarot memberikan apresiasi pameran sampah ini. Kegiatan ini, bisa terus dilaksanakan dan menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Jepara tiap tahun. Ia menilai kegiatan ini mampu mengembangkan kreatifitas masyarakat untuk peningkatan ekonomi khususnya di Kabupaten Jepara. (ZA)

TRENDING :  Kecelakaan Di Jembatan Ngabul Satu Orang Meninggal

KOMENTAR SEDULUR ISK :