Kirab Budaya Bulusan Meriah, Malam Ini Digelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Dengan Lakon Bharatayudha

by

Kudus, isknews.com –  Diantara tradisi Lebaran Ketupat bagi warga Kudus yang paling menonjol salah satunya adalah tradisi “Bulusan” di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kudus, pagi tadi di daerah yang kini menjadi agenda destinasi wisata tahunan tersebut telah berlangsung kirab tradisi ritual Kupatan 2016, dipimpin oleh Harmudin selaku ketua panitia dan diikuti oleh kurang lebih 2.500 orang (13/7).

TRENDING :  Kemendikbud Catat 2.652 Warisan Budaya Tak Benda

Nampak hadir dalam acara tersebut adalah Muspika Kecamatan Jekulo,  Kepala desa se- Kecamatan Jekulo, Dinas Pariwisata,  Perangkat se- Kecamatan Jekulo, tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa Hadipolo. Agenda yang dilaksanakan pagi tadi antara lain, Kirab karnaval budaya yang ber;langsung pada pukul 08.00, Barongsai, Gunungan dari warga masyarakat desa Hadipolo.

Kirab diawali Start dari perbatasan desa Hadipolo – desa Tenggeles menuju punden Ngebul (mbah Dudo). Perjalanan kirab berakhir di Punden ngebul yang dilanjutkan penyerahan Gunungan oleh kepala desa Hadipolo kepada juru kunci punden Nyai Sudarsih.  Dalam sambutannya, ketua panitia Tradisi Bulusan Harmudin, menyampaiakan,” Kami selaku panitia mengucapan terimakasih kepada unsur Muspika dan kepala desa se- Kecamatan Jekulo serta kepada para pengunjung wisata bulusan sehingga acara ini berjalan dengan baik dan lancar,  Juga kepada bapak Keamanan, sehingga acara ini berjalan aman dan kondusif”,”ucapnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :