Satu juta Lebih Warga Pati Akan Nyoblos di Pilgub Jateng 2018

oleh
Rapat pleno terbuka KPU Pati terkait penetapan DPS Pilgub Jateng 2018 di Resto Dona Doni, Kamis (15-03-2018). (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Tahapan pemutahiran data pemilih menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa tengah 2018 diharapkan selesai guna penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati melakukan rapat pleno terbuka terkait dengan penetapan DPS Pilgub Jateng 2018 di Resto Dona Doni, Kamis (15-03-2018).

Menurut Ketua KPU Pati, M. Nasich, tahapan pemutakhiran data pemilih diharapkan segera selesai, karena sekaligus akan digunakan untuk penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hasil penetapan DPS Pilgub Jateng ini selanjutnya akan diserahkan pada tim kampanye paling lambat 24 Maret 2018.

“Hasil rapat pleno ini sekaligus akan kami tetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara, dan nantinya akan kami serahkan kepada tim kampanye masing-masing pasangan calon paling lambat 24 Maret. Mudah-mudahan sebelum tanggal itu semua data sudah siap,” papar Nasich.

TRENDING :  KPU Kabupaten Pati Siap Distribusikan Logistik Pilgub Jateng 2018
Rapat pleno terbuka KPU Pati terkait penetapan DPS Pilgub Jateng 2018 di Resto Dona Doni, Kamis (15-03-2018). (istimewa)

Seperti diketahui, pemilih yang bisa memberikan hak suaranya diharuskan mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Terkait hal tersebut, KPU Pati sudah melakukan pemutahiran data pemilih yang memiliki KTP elektronik atau Suket. Hal itu dilakukan setelah sebelumnya dilakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk Pilgub Jateng 2018.

TRENDING :  Dua Ribu Pohon Ditanam Untuk Penghijauan di Kecamatan Tambakromo

Menurut data DPS untuk Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Pati, berjumlah 1.028.454 pemilih, dengan rincian pemilih pria sebanyak 505.438 orang dan pemilih perempuan berjumlah 523.016. Jumlah tersebut terdiri dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati.

TRENDING :  Sentra Industri Jamu Gendong di Desa Kebowan Winong Pati

Jumlah DPS ini, imbuh M. Nasich, kemungkinan akan berubah dengan dilakukannya penetapan daftar pemilih tetap nantinya. KPU Pati akan mendorong Disdukcapil guna melakukan perekaman KTP elektronik atau menerbitkan Suket bagi yang belum memiliki.

“Jumlah DPS ini bisa saja berubah, entah berkurang atau nambah. Kami terus berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk melakukan rekam KTP elektronik, sehingga data pastinya nanti bisa kelihatan pada saat penetapan Daftar Pemilih Tetap.” tuntas Nasich. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :