Warga Swadaya Bangun Mapolsek Welahan

oleh -883 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kepedulian warga masyarakat di Kecamatan terhadap aparat kepolisian patut diapresiasi. Bukti nyata kepedulian itu dilakukan dengan membangun secara swadaya Mapolsek Welahan. Peletakan batu pertama Mapolsek itu dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Rabu (4/10/2017). Markas Polsek yang dibangun diatas tanah seluas 765 m2 itu menempati lokasi yang sama, namun bangunan lama sudah dihancurkan.
Pembangunan Mapolsek Welahan ini direncanakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp. 1,2 milyar.

Selain dihadiri langsung oleh Kapolda, dalam kesempatan itu, juga di hadiri pejabat utama di lingkungan Polda Jateng, sejumlah Kapolres wilayah sekitar, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kapolres Jepara, Dandim 0719 Jepara, Anggota Forkopinda lainnya hingga tokoh masyarakat di Kecamatan Welahan. Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan prasasti pembangunan Mapolsek Kalinyamatan yang beberapa waktu lalu sudah ditempati.

Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengungkapkan, bangunan Mapolsek yang baru nanti akan terdiri dari dua lantai yang merupakan hibah dari masyarakat Kecamatan Welahan. Pembangunan kantor ini ditargetkan akan rampung 6 bulan ke depan. “Saat pertama kali datang kesini, daya melihat bangunan Polsek yang sangat memprihatinkan dan tidak layak. Waktu itu saya berdoa semoga bangunan Polsek bisa dibangun dan alhamdulillah hari ini bisa terwujud,” kata Yudi, Rabu (4/10/2017).

Foto: Pembangunan Mapolsek Welahan. (Dok. Isknews.com)

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyatakan kegembiraan dan apresiasinya kepada warga masyarakat Kecamatan Welahan yang telah dengan sukarela membantu membangun Mapolsek. Menurutnya, ditengah keterbatasan negara dalam memberikan fasilitas kantor, warga masyarakat tergerak untuk memberikan hibah bantuan kepada Polsek Welahan. “Saya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan ini,” kata Kapolda.

Kapolda menambahkan, di Jawa Tengah ini setidaknya masih ada sekitar 30 persen Polres dan Polsek yang kondisi bangunannya memprihatinkan dan butuh perhatian. Akan tetapi, pembangunannya tidak bisa dilakukan serta merta, namun akan dilakukan secara bertahap. “Masih banyak yang butuh perhatian seperti Polres Wonosobo, Sragen dan Temanggung, belum lagi polsek-polsek. Semua akan dibangun secara bertahap,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan hibah dari masyarakat ini, lanjut Kapolda, maka sudah menjadi kewajiban bagi polisi khususnya yang ada di Polsek Welahan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Bantuan yang diberikan masyarakat ini harus disyukuri dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Lebih lanjut Kapolda berharap agar pembangunan Mapolsek Welahan ini bisa selesai sesuai target 6 bulan. Mantan Kakorlantas Polri ini berharap pada saat peresmian gedung baru nanti masih bisa datang sebagai Kapolda Jateng. “Mudah-mudahan saya nanti yang masih meresmikan gedung baru nanti. Sebab, saya termasuk jajaran kapolda yang bertugas cukup lama. Yang lain-lain seangkatan saya sudah pada dipindah,” kelakarnya.

Kapolda sendiri datang ke Welahan menggunakan Helikopter milik Polda Jateng. Setelah mendarat di lapangan Desa Gedangan, rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi klenteng Hian Thian Shiang Tee yang berada tak jauh dari Mapolsek. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :