30 Menit Terkumpul Rp 14.5 Juta, Siswa-Siswi SMPM 1 Kudus Galang Donasi Untuk Palestina

oleh -1,617 kali dibaca
Sejumlah siswa SMP Muhammadiyah 1 Kudus saat melakukan penggalangan dana untuk Palestina, Selasa (24/10/2023)

Kudus, isknews.com – Sebanyak 520 Siswa dan guru SMP Muhammadiyah 1 Kudus melakukan salat gaib untuk mendoakan arwah para pejuang kemerdekaan Palestina yang gugur saat melawan penjajah negerinya yakni zionis Israel. Sekaligus Aksi ini sebagai bentuk dukungan untuk Palestina merdeka, Selasa (24/10/2023).

Usai pelaksanaan salat gaib, dilanjutkan dengan aksi pemutaran video-video tentang kekejaman bangsa Israel terhadap warga Palestina, serta orasi-rasi yang dilakukan oleh guru dan siswa tentang kondisi bangsa Palestina serta pembacaan puisi dan orasi untuk Palestina.

Seruan dari siswa melalui puisi ini menggemakan agar Palestina dan Israel untuk berdamai.

Sarvenas Almahyra Andwilofa yang membacakan puisi berjudul ‘Kabar Apakah yang Sampai Padamu Palestina’, merasa iba dengan kondisi Palestina saat ini. Tangisan dimana-mana, dan darah menodai setiap sudut kota.

“Saya berharap supaya Israel berhenti menjajah Palestina. Harapannya, Palestina dan Israel bisa damai tanpa ada peperangan lagi,” kata Sarvenas.

Dari pantauan media ini, pada akhir kegiatan dilakukan aksi donasi kepada korban perang di Palestina. Sejumlah siswa dan siswi kebagian tugas membawa kotak untuk diedarkan kepada siswa lainnya yang akan mengisi donasi secara sukarela. Dalam tempo 30 menit usai sesi donasi, dihitung oleh mereka para petugas yakni terkumpul uang sebesar Rp. 14.596.500.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kudus, Ali Zamroni menerangkan, penggalangan dan hingga salat gaib yang dilaksanakan kali ini sebagai wujud gerakan empati dan simpati yang ditanamkan kepada siswa untuk bisa mendoakan Palestina.

Bila mengingat sejarah, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui Kemerdekaan Indonesia. Sehingga sudah sepantasnya, pihaknya sebagai warga Indonesia mendukung perjuangan Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

“Kami juga menanamkan kepada anak-anak, dukungan kita kepada Palestina jangan sampai memunculkan rasa benci kepada saudara Israel. Karena saya yakin ada beberapa warga israel yang ingin tidak terjadi peperangan,” katanya.

Aksi dukungan kepada Palestina juga merupakan visi kemanusiaan. Sesuai dengan amanat pembukaan UUD 45 terutama alinea pertama, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

“Dan untuk sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karna tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Artinya kita punya tanggung jawab untuk mendukung Palestina,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ali Zamroni menyampaikan bahwa hasil penggalangan dana dari SMP 1 Muhammadiyah sudah terkumpul sekira hampir Rp 15 juta. Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Lazismu. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.