35 Kabupaten/Kota Semarakan Parade Budaya di Pati

oleh -1,428 kali dibaca

Pati, isknews.com -Ribuan warga tumpah ruah memadati kawasan Alun-alun Simpang Lima Pati, untuk menikmati puluhan pertunjukan parade seni budaya yang merupakan rangkaian acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Temu Karya Sukarelawan 2017, Palang Merah Indonesia (PMI), Rabu (26/07/2017).

Kegiatan yang dicetuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati, yang didukung PMI Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan PMI Pati itu bertajuk “Parade Seni Budaya, Pelangi Budaya Jawa Tengah Merona”.


Kurang lebih 24 peserta kesenian dari seluruh wilayag Bumi Mina Tani unjuk gigi dalam kegiatan itu, yang dibuka dengan grup marching band dari YPRU Guyangan, Kematan Trangkil, Pati.

Diantaranya, Seni Karawitan Juwana, Sanggar Kayen Tadah Udan, Pandu Gabus Studio Tari Kesuburan, Sanggar Pesantenan SD Sarirejo, Tari Topeng Kelono Joyo Soneyan Margoyoso, Laras Roso Jaken, Rampak Topeng Parenggan, Pencak Dukuhseti, larung sesaji sedekah Juwana dari Cah Juwana Pluralitas, dan sebagainya.

Tidak hanya peserta lokal, dalam parade itu turut pula ratusan orang pegiat kesenian dari 35 Kabupaten/Kota di Jateng, yang turut menyemarakkan gebyar seni budaya dari daerahnya masing-masing.

Seorang peserta kesenian, Mita (15) dari SMA 1 Batangan mengaku sangat interest dalam kegiatan tersebut, ditambah dia juga ingin memperkenalkan kesenian di daerahnya kepada khalayak ramai, terlebih giat itu diiukuti peserta seluruh Jateng.

“Tadi membawakan kesenian kuda lumping, rada deg degan karena dilihat langsung Pak Bupati Pati, tapi semuanya lancara, senang sekali siberi kesempatan untuk memperkenalkan kesenian kepada masyarakat,” ungkap warga Juwana, Pati itu.

(Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.