526 Formasi CPNS Pati Disetujui

oleh
526 Formasi CPNS Pati Disetujui ISKNEWS.COM
Foto: Bupati Pati Haryanto : Warga Pati agar jangan mudah tertipu info perekrutan CPNS. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tentang kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada penerimaan CPNS tahun ini hanya disetujui 526 formasi, padahal usulan yang diajukan sebanyak 543 formasi. Sementara menurut rencana pendaftaran CPNS tersebut akan dibuka mulai 19 September mendatang.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, pendaftaran CPNS baru ada pada tahun ini setelah beberapa tahun ada moratorium CPNS. Dari 238.015 formasi di seluruh Indonesia, Pati kebagian kuota 526 formasi. Dari formasi yang disetujui tersebut paling banyak untuk formasi guru dan tenaga kesehatan. Kuota yang ditetapkan pemerintah lebih sedikit dari usulan pemkab, yaitu 543.

“Berapapun kuota yang diberikan setidaknya bisa mengisi kekosongan PNS yang pensiun. Terutama yang berhubungan dengan pelayanan dasar di masyarakat. Di daerah hanya menerima kuotanya saja. Semua persyaratan dan aturan pendaftaran CPNS ini merupakan ketentuan dari pusat,” tutur Haryanto.

TRENDING :  Laga Akhir, Persipa Menang 1-0 Atas Persiku

Untuk itu Haryanto berpesan kepada warga Pati jangan sampai tertipu dengan perekrutan CPNS selain dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) karena portalnya jadi satu di BKN. Daerah tidak mempunyai kewenangan perekrutan CPNS.

TRENDING :  Desa Glonggong Prioritaskan Dana Desa, Untuk Rabat Beton dan Usaha Peternakan

“Selama ini sudah sering ada berita hoax tentang perekrutan CPNS baik di Pati dan daerah lain. Karena ini sudah ada informasi resmi dari pemerintah, warga bisa membuka portal di BKN. Semua aturannya sudah dijelaskan. Seperti usia antara 18-35 tahun, ada formasi tenaga honor meskipun jumlahnya kecil, kaum difable, lulusan cumlaud, atlit, dan lainnya. Semua diakomodir namun melalui tes,” katanya.

TRENDING :  Bersyukur Menjadi Umat Muhammad dan Orang NU

Haryanto menyampaikan, saat ini tim dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati mengikuti rapat teknis CPNS di BKN. Sementara itu warga yang ingin mengikuti pedaftarannya bisa mempersiapkan diri, terlebih waktunya tinggal beberapa hari lagi.

“Nanti tesnya memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadi setelah tes tertulis, akan langsung keluar hasilnya. Ini semata-mata un tuk menjaga transparansi hasil tes, sehingga bisa dilihat semuanya,” pungkasnya. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :