​Harga Gula Pasir Terjun Bebas

oleh -1,733 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Harga gula pasir di Kudus perlahan berangsur turun. Sempat menyentuh harga tertinggi Rp 17 ribu per kilogram sebelum lebaran, saat ini harga ecer gula pasir di sejumlah pasar berada pada kisaran Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram. “Dari pantauan kami di pasar rata-rata di bawah Rp 15 ribu per kilogram,” kata Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus Sofyan Dhuhri.

Menurutnya, penurunan harga gula pasir salah satunya dipengaruhi adanya panen raya tebu di sejumlah tempat. Sehingga harga lelang dari perusahaan gula (PG) tidak terlalu tinggi. Sebelumnya, kata Sofyan, pada bulan Juli harga lelang di PG lebih dari Rp 14 ribu perkilogram yang berimbas mahalnya harga di pasaran.

“Untuk saat ini harga lelang di PG di bawah Rp 14 ribu, sehingga harga ecer di pasar paling mahal Rp 15 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Sofyan berharap, akan ada penurunan lagi pada bulan ini, dan harga kembali normal pada kisaran Rp 12 ribu per kilogram. “Masa panen tebu diperkirakan hingga akhir Oktober 2016, kami optimistis harga gula akan stabil kembali,” jelasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :