Ada Ujian Nasional Perbaikan bagi Siswa SMP/Mts pada 2020

oleh -226 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kabid Dikdas pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Dian Vitayani mengatakan, pada tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN) akan menerapkan UN perbaikan (ulangan) bagi siswa SMP/MTs yang belum berhasil memperoleh nilai sesuai standar.

Perbedaan UN pada 2020 dan tahun sebelumnya adalah ada UN Perbaikan untuk jenjang SMP/MTs dan Paket B/Wustha. “Tahun sebelumnya tidak ada untuk SMP, hanya jenjang SMA/SMK sederajat,” kata dia saat kegiatan sosialisasi UNBK tingkat SMP/MTs dan Kesetaraan di SMKN 1 Kudus beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, siswa yang berhak mengikuti UN Perbaikan adalah yang nilainya masih di bawah standar kelulusan atau bagi siswa yang belum mengikuti UNBK utama atau Ujian Nasional (UN) susulan.

“Namun tetap memberikan bukti tertulis berkaitan dengan alasan tidak ikut UNBK utama atau susulan yang diketahui satuan pendidikan,” ujarnya.

Diketahui, Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk tingkat SMP/MTs akan berlangsung pada tanggal 20 – 23 April 2020. Dengan empat mapel yakni Senin (20 April) Bahasa Indonesia, Selasa (21 April) Matematika, Rabu (22 April) Bahasa Inggris dan Kamis (23 April) IPA. Sedangkan untuk jadwal UNBK susulan akan berlangsung pada tanggal 29 dan 30 April 2020. Dengan jadwal mapel Bahasa Indonesia dan matematika (Rabu, 29 April) serta mapel Bahasa Inggris dan IPA Kamis (30 April).

Tahun ini untuk UBNK tingkat SMP/MTs memang jadwalnya maju 10 hari dibanding tahun 2019 lalu. Perbedaan dengan tahun kemarin kata Dian, UN tahun ini ada UN perbaikan yang sebelumnya hanya untuk tingkat SMA saja.

Sehingga bila ada peserta yang tidak bisa ikut UN utama dan susulan, maka dapat ikut UN perbaikan. Tetapi kata dia, diharapkan peserta agar dapat mengikuti UN utama, kecuali bila memang benar – benar tidak bisa ikut di UN utama dengan alasan sakit atau alasan lainnya. Untuk UN perbaikan lanjut Dian, akan dilaksanakan pada tanggal 8,9 dan 10 Juni 2020.

Dalam pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs nantinya lanjut Dian, pihaknya juga memberikan surat ke PLN agar pada jadwal UN utama, UN susulan serta UN perbaikan tidak ada pemadaman listrik. Meski tiap sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri tentunya sudah mempersiapkan genset.

Terkait sekolah baik SMP maupun MTs yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri, untuk SMP negeri sebanyak 27 sekolah melaksanakan UNBK mandiri. Kemudian untuk SMP swasta, dari 21 sekolah 13 diantaranya masih akan menumpang disekolah lain. Sedangkan untuk MTs kata Dian, 2 MTs negeri akan melaksanakan UNBK secara mandiri. Sedangkan dari 64 MTs swasta, 4 diantaranya nanti masih menumpang di sekolah lain. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :