Aktifitas Unggulan Warga Dan Aparat Desa Jangan Bubar Setelah Lomba Desa

oleh

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kembali menggelar lomba Desa di tahun 2019, Sebagai desa pertama pagi tadi penilaian lomba desa di laksanakan di Desa Damaran Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Lomba yang dilaksanakan untuk melakukan penilaian Inovasi di tiga aspek, Pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan ini, mengawali penilaian pertamanya dari Desa Damaran Kecamatan Kota Kudus yang akan di lanjutkan dengan penilaian pada desa-desa lain di yang menjadi wakil dari 9 Kecamatan di Kudus.

Bupati dan wakil bupati Kudus, saat melakukan peninjauan di stand-stand UKM produk lokal Desa Damaran pada pembukaan Lomba Desa (Foto: YM)

Bertempat di jalan desa di sekitar Balai Desa Damaran, mewakili Kecamatan kota Kudus, sepanjang jalan di sekitar Balai Desa di tata dengan apik, sejumlah tenda tamu dan stand-stand UKM berjajar memamerkan produk unggulannya, serta aktifitas ibu-ibu yang sedang melaksanakan kegiatan unggulan PKK, posyandu hingga keigatan remaja, Rabu (20/03/2019).

TRENDING :  Rakor Pengawasan Dana Desa, Minimalisir Penyalahgunaan

Kepala Desa Damaran, Moh Said Romadlon  dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dengan di gelarnya lomba Desa tahun 2019 semoga membawa perubahan bagi masyarakat pada umumnya dan masyarakat Desa Damaran pada khususnya.

Sembari menjelaskan tentang kondisi geografis wilayahnya, Said menjelaskan bahwa, wilayah desa Damaran sebetulnya termasuk luas, akan tetapi karena di dominasi oleh gedung dan bangunan sehingga kawasan pemukiman di wilayahnya tergantung kecil wilayahnya, luas wilayah Desa 1 17,159 ha dengan jumlah lahan bukan sawah 0,525 Ha dan pemukiman seluas 1 17,159 Ha.

“Kawasan pemukiman hanya 30 persen dari luas Desa ini, sementara  wilayah desanya  banyak memiliki pusat pendidikan. Mulai tingkat PAUD sampai Sekolah Menengah Atas. Selain itu, Desa Damaran juga sudah memiliki potensi khas dan siap untuk perlombaan desa di tahun ini,” jelasnya.

TRENDING :  Temulus Desa Mandiri Bisa Antisipasi Kesulitan Kala Bencana Banjir Melanda

Sementara itu Bupati Kudus HM Tamzil, mengatakan lomba desa pada hakekatnya merupakan suatu usaha untuk mendorong pembangunan desa. Oleh karenanya, berbagai usaha untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh desa, harus mendapat dukungan.

“Saya meyakini, dalam mempersiapkan penilaian lomba desa ini, telah terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan warganya. Kerjasama inilah yang harus terus dijaga dan dikembangkan untuk kemajuan desa dimasa mendatang,” ujar Bupati yang juga hadir bersama wakil bupati HM Hartopo.

Lomba desa, diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk terus mencapai kemajuan dalam berbagai bidang.

“Kita sama-sama menyadari bahwa desa merupakan pusat dari pembangunan secara nasional. Pembangunan bangsa, adalah pembangunan yang dimulai dari desa.Pemerintahan desa sebagai lini terdepan dalam pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, harus mampu bergerak bersama warganya, bersama membangun wilayahnya,” terangnya.

TRENDING :  Bupati : Sudah Ada Semangat Gusjigang dari Warga Pada Even Tradisi Budaya di Kudus

Hasil seleksi lomba desa Tingkat Kabupaten Kudus ini tentunya mewakili gambaran nyata potensi terbaik yang dimiliki oleh desa-desa yang ada di Kudus ini. Untuk itu, saya mengharapkan agar setiap kecamatan benar-benar menampilkan desa terbaiknya yang akan dinilai oleh Tim penilai dari Kabupaten Kudus, sehingga tingkat kompetisi perlombaan ini juga semakin tinggi.

“Dalam melakukan penilaian saya juga meminta agar tim penilai benar-benar objektif sehingga bisa menghasilkan juara yang benar-benar layak mewakili Kabupaten Kudus dalam lomba desa selanjutnya,” pesannya.

Bupati juga berharap agar keberlangsungan aktifitas keegiatan di desa terus berlangsung meski musim lomba desa telah selesai.

“Jangan sampai kegiatan-kegiatan yang ada ketika lomba desa terus bubar, Posyandu terus selesai, dan sebagainya, yang penting itu keberlangsungan dari kegiatan itu,” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :