“Aku Indonesia, Aku Pancasila” Tema Pekan Pancasila Tahun Ini

oleh

Demak, isknews.com (Lintas Demak) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0716 Demak melaksanakan kegiatan Pekan Pancasila. Kegiatan dalam rangka pekan Pancasila ini telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Mei sampai dengan 11 Juni 2017, dengan telah dilaksanakannya kegiatan wawasan kebangsaan (wasbang) tentang Pancasila, wasbang tentang bhinneka tunggal ika, Minggu (11/6/2017).

Acara ini dengan mengusung tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila”, di laksanakan di Kantor Koramil Karangawen Demak. Tujuan kegiatan tersebut untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian pancasila. Terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan ketrampilan dan kesadaran dalam membela negara Indonesia. Tumbuhnya kebanggaan generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang ber-bhinneka tunggal ika.

TRENDING :  Danramil Gebog Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral di Puskesmas Gondosari

Menurut Kapten Inf Edy Suwarso Danramil Karangawen menuturkan bahwa kegiatan tersebut, untuk memperdalam Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Keppres tersebut juga menyebutkan bahwa mulai tahun 2017, Presiden menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

TRENDING :  Puluhan Prajurit Kodim 0716 Demak Turut Serta Dalam Pengamanan Tradisi Syawalan

Sementara itu koordinator permainan, Pasiter Kodim 0716 Demak Kapten Inf Mulyadi mengatakan bahwa selain diisi dengan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Pekan Pancasila juga diisi berbagai permainan diantaranya adalah Water Estafet, Permadani Terbang, Tongkat Estafet, serta Bola Tali dan Holahop.

TRENDING :  Pelantikan Pengurus Andalan Pramuka Kwartir Cabang Demak

“Materi Outbond tersebut, merupakan suatu permaninan dilapangan dengan penuh semangat dan gembira. Juga permainan ini untuk membentuk jiwa korsa, dan kebersamaan para generasi muda, terutama pelajar,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Pasiter Kodim 0716 Demak mewakili Dandim , Danramil Gajah Kapten Czi Alimuddin, Danramil Karangawen serta staf Ter Kodim 0716 Demak. Serta peserta outbond terdiri dari perwakilan seluruh SMA di Kecamatan Karangawen dan pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0716 Demak. (Wh)

KOMENTAR SEDULUR ISK :