Ali Hamidy dari Kudus, Penyuluh Pertanian ASN Teladan Nasional, Peroleh Penghargaan Mentan

oleh -1,620 kali dibaca
Moh. Ali Hamidy Ekopranoto, ASN pegawai fungsional pada Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus yang terpilih sebagai Penyuluh Pertanian teladan se Indonesia (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com –  Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) tahun ini kembali memberikan penghargaan kepada petani, kelembagaan ekonomi petani, penyuluh pertanian dan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan serta stake holder kementerian pertanian yang berprestasi.

Salah seorang penerima anugerah tersebut adalah Moh. Ali Hamidy Ekopranoto, ASN pegawai fungsional pada Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus yang terpilih sebagai Penyuluh Pertanian teladan se Indonesia menyisihkan peserta yang hampir datang mewakili provinsi di Indonesia.

Ali, sebelumnya telah lolos sebagai penyuluh pertanian terbaik se Jawa Tengah yang juga menyisihkan 35 peserta wakil penyuluh pertanian se Kabupaten/Kota dan merupakan satu-satunya wakil Jawa Tengah yang dikirim dalam pemilihan Penyuluh Pertanian Teladan Nasional di Jakarta. Karena memiliki angka skor penilaian tertinggi.

Menurut Ali, dalam pemilihan di Jakarta itu tak hanya katagori penuyuluh pertanian teladan namun ada pula kategori petani teladaan, pembuat konten video terbaik dan Gapoktan terbaik. Dia masuk dalam peringkat 10 besar se-Indonesia tersebut dan satu-satunya dari Jawa Tengah (Jateng) sebagai penyuluh teladan.

“Kalau dari semua kategori ada sekitar 500 peserta lebih, namun untuk kategori penyuluh pertanian se Indonesia yang datang dari berbagai provinsi ada sekitar 30 peserta, dan saya masuk 10 besar dari perwakilan penyuluh di Jateng,” kata dia saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

Sebetulnya kata dia, penyerahan anugerah teladan dalam berbagai kategori di kementerian itu sejatinya akan dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI namun karena ada sesuatu hal sehingga ditunda.

“Penyerahan piagam penghargaan dilakukan pada 29 Agustus 2022 oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sementara untuk sertifikasinya itu telah dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2022,” ujar Ali.

Disinggung soal meteri penilaian Aly menyampaikan, materinya terkait penyuluhan yang dia lakukan di kelompok petani, penyuluhan massal lalu kegiatan-kegiatan terkait kaji terap teknologi dan temu teknologi serta temu karya penyuluh.

Alumni Universitas Sriwijaya Palembang dengan Indeks Prestasi Tertinggi (IPK 4,0) sebelumya juga pernah terpilih sebagai Juara 1 Penyuluh Pertanian PNS Tingkat Kabupaten Tahun 2015 dan 2022, juara 2 Lomba Penulisan Berita Tahun 2019 untuk ASN OPD di Lingkungan Pemkab Kudus dan juara 1 Lomba Penulisan Artikel HUT ke-48 KORPRI 2019 yang diselenggarakan Maret 2020 serta terpilih sebagai pemakalah Terbaik pada Kegiatan Seminar Nasional Online Asosiasi Mikoriza Indonesia (AMI) di Padang Sumatra Barat Tahun 2021.

Khusus dalam pemilihan penyuluh pertanian teladan 2022, dia mengajukan tiga karya inovasi, yakni penyuluhan pertanian di masa pandemi Covid-19, Penyuluhan Pertanian di Era Globalisasi dan Industri 4.0, dan Penyuluhan Pertanian di Era Society 5.0.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto memberikan apresiasi kepada Moh. Ali Hamidy Ekopranoto yang telah membawa nama baik untuk Kabupaten Kudus ke kancah Nasional.

“Saya sangat bangga kepada Mas Ali yang telah membanggakan Kabupaten Kudus dan satu-satunya perwakilan di Jateng sebagai penyuluh teladan. Ini sebagi cerminan, yang berarti Kudus itu bisa,” kata dia.

Saat ini, lanjut Catur, di Kabupaten Kudus ada sebanyak 44 orang penyuluh yang tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.

“Total ada 44 orang penyuluh yang tersebar di sembilan kecamatan, terdiri dari 21 orang PNS dan 23 orang P3K,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.