Angkat Kearifan Lokal, Enter Management Kenalkan Wedding Organizer Adat Kudusan Hingga Tari Kretek

oleh -890 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Enter Management Kudus yang terletak di kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus Jawa tengah mengenalkan konsep Wedding Organizer (WO) dengan mengenakan pakaian Adat Kudusan dan mengangkat Kearifan Lokal.

Arif Noor Asro (28), owner dari Enter Management menjelaskan jika hal itu dilakukannya untuk mengangkat dan memviralkan Adat Kudusan dan kearifan lokal Kabupaten Kudus ke dunia per Wedding-an. Orang akan menilai pakaian adat tersebut benar-benar elegen dan patut jadi booming nantinya.

“Kami punya konsep WO dari mulai gaun pengantin, gaun keluarga hingga All Tim Enter Management , yang semuanya mengenakan adat Kudusan. Jika gaun pengantin adat Jawa, Sunda, Minang, sudah ada, saatnya saya ingin mengenalkan dan memviralkan pakaian adat Kudusan ke semua orang. Saya asli orang Kudus, dan saya bangga megenalkannya,” kata Arif saat ditemui isknews.com Minggu (19/12/2021).

Menurut Arif, Pakaian adat Kudus memiliki nilai historis dan filosofi. Jika dilihat dari penggunaannya, pakaian adat Kudus mencerminkan nilai-nilai luhur yang di junjung tinggi, yang telah mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pakaian adat Kudus juga memiliki keunikan dan keanggunan tersendiri bagi pemakainya. Diantaranya mulai dari Caping Kalo, Baju kurung beludru, Kain batik (Jarik), Selendang Tohwatu dan lainnya.

Selain pakaian adat Kudusan, lanjut Arif, saat resepsi berlangsung juga ditampilkan Tari Kretek sebagai pembuka acara, dan dipastikan bisa memukau tamu resepsi yang hadir.

“Tari Kretek sebagai Tarian Asli Kudus kita tampilkan, dan terbukti beberapa waktu lalu pernah dilaksanakan, ternyata sangat membuat antusias para tamu resepsi yang hadir, tak lupa mereka (tamu) mengabadikan (tarian kretek) melalui kamera ponselnya,” jelasnya.

Terobosan itu dilakukan pihaknya supaya bisa beradaptasi dengan berinovasi serta dengan mengupgrade sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidangnya serta disesuaikan sesuai era-nya.

Soal biaya-nya, kata Arif, Enter Management sangat dinamis, dimana pihaknya bisa menyesuaikan budget dari konsumen. “Konsumen tinggal menyebut budgetnya berapa, lalu kami siapkan proposalnya dengan pilihan terbaik, harga flexsible, terjangkau dan tetap menjaga kualitas,” paparnya.

Pihaknya menyediakan paket All Konsep, dari pengatur acara, setting hari H, make up artis (MUA), Dekorasi, Catering, MC, Fotografer, Videografer, Venue dan lainnya. Selain WO, pihaknya juga menyediakan paket Event Organizer untuk gathering, seminar, workshop. Anda bisa menghubungi WA 085641064464

Cerita Singkat Enter Management

Arif menceritakan jika Enter Management berdiri sejak tahun 2014, selama kurang lebih 8 tahun ini dia melewati dengan banyak masa, kondisi jatuh bangun telah dilaluinya.
Awalnya hanya mendirikan skolah modeling untuk anak-anak sekolah, lambat laun merambah ke yang lain.

“Soal belajarnya, bisa dikatakan saya autodidak (mandiri), saat merantau di Jakarta ikut EO, WO dan juga production house, pulang ke Kudus modal nekat mendirikan dari sekolah modeling untuk anak sekolah dari SD hingga SMA, jadi awalnya modal nekat mas,” kata Arif.

Kemudian, Arif mengenalkan, Nama Enter sendiri mempunyai 2 makna, bisa diartikan dari nama Entertaiment dan bisa diartikan masuk, yang berarti masyarakat bisa masuk (melalui Enter Management) untuk mendapatkan pilihan segala macam acara, diantaranya wedding (pesta nikahan), gathering, sekolah modeling, casting, talent, artis, dunia entertainment, seminar, woprkshop dan lainnya.

Ia mengatakan, untuk crew dari Enter Management, hampir sebagian besar anak muda, yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Harapannya semoga Enter Management kedepan semakin bisa menemukan ‘rasa’ di hati masyarakat luas,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :