Bangkit dari Pandemi, Tukang Dekor Pernikahan Alih Profesi Bikin Aquarium Styrofoam dan Aquascape

oleh -237 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sejak pandemi corona atau Covid-19, praktek usaha dekorasi pernikahan yang digeluti Eko Santoso (46) lumpuh, warga dukuh Ngrau Desa Tenggeles RT 1 RW 4 Kecamatan Mejobo itu tidak tinggal diam. Eko yang akrab disapa Eko Banyu Mili itu memutar otak dan akhirnya membuka usaha dadakan akuarium Styrofoam khusus Covid-19.

“Sekitar bulan Juni 2020, Pertama kali saya terpikir untuk melakukan semacam eksperimen menjadikannya sebuah karya atau kreativitas yang layak jual, hal itu saya lakukan buat menyambung hidup akibat dampak pandemi saat ini,” cerita Eko kepada isknews.com, Senin (23/11/2020).

Salah satu konsep aquascape karya Eko Santoso, warga dukuh Ngrau Desa Tenggeles RT 1 RW 4 Kecamatan Mejobo Kudus (Foto: AS)

Eko menjelaskan langkah pertama yang dilakukan untuk membuat aquarium dari styrofoam yaitu membuat desainnya terlebih dahulu. Misalnya, Eko yang membuat aquarium itu nampak seperti di dalam gua.

Maka buatlah sesuai keinginan. Pertama buatlah pola dan potong styrofoam itu dengan menggunakan cutter. Lalu, lanjut Eko, styrofoam itu dilapisi dengan adukan semen tipis. Agar lebih menyerupai aslinya, maka tambahkan motif, termasuk untuk tutup aquariumnya. Sudah semuanya selesai tinggal beri cat dan tempelkan kaca tebal.

“Bahan-bahan yang diperlukan box stoam bekas tempat ikan, semen, kaca 5 mm, lem kaca, cutter alat potong kaca, kuas, lilin, hair dryer, cat pewarna buat motif batu yang terbuat dari adukan semen,” jelasnya.

Selain akuarium yang terbuat dari Styrofoam, Ia juga membuat akuarium Aquascape yang terbuat dari kaca. Ia mengakui jika kesulitan mencari tumbuhan yang ada di dalam aquarium, karena masih jarang di kudus yang jual, kalaupun ada Eko harus memesannya lewat on line atau komunitas.

“Untuk harga aquarium Styrofoam ukuran 80 x 40 cm dibandrol mulai Rp200 ribu, sedangkan untuk aquarium aquascape ukuran 120 cm x 60 cm bisa sampai Rp1 juta,” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :