Banyak Potensi Unggulan, Desa Menawan Wakili Kecamatan Gebog Ikuti Lomba Desa

oleh
Bupati saat menandatanganai prasasti peresmian Mushola Baitus Sholichin yang berada di kompleks balai desa Menawan. (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pelaksanaan lomba desa di Kabupaten Kudus hari ini telah memasuki hari yang kedua, bertempat di Balai Desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, siang tadi telah berlangsung kegiatan perlombaan Desa tingkat Kabupaten Kudus tahun 2019.

Desa menawan yang merupakan kawasan berdataran tinggi  dengan luas wilayah 825,54 Ha, jumlah penduduk 5.978 jiwa yang terdiri dari 1.727 KK dikenal sebagai sentra penghasi Durian, mangga dan jambu citra selain juga sejumlah produk UKM lokal, pagi hingga siang tadi menjadi peserta desa kedua setelah sebelumnya Desa Damaran di Kecamatan Kota.

Sejumlah atraksi unggulan di tampilkan saat  Bupati Kudus hadir dalam Lomba Desa tersebut, mulai dari tari-tarian, gerak dan lagu oleh anak=anak PAUD hingga paduan suara oleh ibu-ibu PKK desa setempat.

TRENDING :  Ironis, PTSL/Prona Desa Kletek Dijadikan Ajang Bisnis

Dalam kata sambutannya, Moch Solichin, Kepala Desa Menawan, menyampaikan antara lain kebanggaan karena tahun ini Desa mereka di percaya untuk mengikuti perlombaan dimana mendapatkan dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat.

Berfoto bersama warga yang memperoleh bantuan sosial bedah rumah (Foto YM)

“Ini di buktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti Lomba Desa,” ujarnya, Kamis (2/03/2019).

Selanjutnya Moch Solichin melakukan pemaparan menjelaskan tentang monografi, kondisi geografis,  potensi desa, warga dan aparatnya di hadapan bupati dan tim penilai serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Kudus  Arief Budi Siswanto.

TRENDING :  Semua Kecamatan Bakal Gelar Pilkades Serentak, Kecuali Kecamatan Ini

Bupati Kudus H.M. Tamzil pada kata sambutannya menyampaikan, kegiatan penilaian lomba desa adalah untuk evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, untuk mengetaui lebih jauh efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya.

“Saya meyakini, dalam mempersiapkan penilaian lomba desa ini, telah terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan warganya. Kerjasama inilah yang harus terus dijaga dan dikembangkan untuk kemajuan desa dimasa mendatang,” ujarnya.

Desa menawan memiliki potensi baik pertanian,UMKM,kofeksi.

“Kawasan ini dulu sangat di kenal dengan penghasil Mangga Menawan dan kini juga sedang booming produksi pertanian Jambu Citra yang terbukti berhasil meningkatkan taraf ekonomi warga Desa Menawan,” katanya.

TRENDING :  Tamzil Apresiasi Masukan Tentang Reformasi Birokrasi Dan Restorasi Kebijakan Aktifis Soleh Isman

 Mudah-mudahan desa menawan bisa juara dari desa se kabupaten Kudus dan saya harapkan bisa juara ke tingkat nasional. “Saya berharap di masa yang  akan datang Desa ini akan lebih maju dan masyarakat desa menawan semakin sejahtera,” tuturnya.

Usai melakukan pidato sambutannya, bupati Kudus menyerahkan bantuan bedah rumah secara simbolis kepada para penerima, yang masing masing akan menerima bantuan sebesar RP. 15 Juta.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemkab Kudus terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama dalam hal tempat tinggal yang lebih layak. Semogadapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Tamzil.

Usai memberikan sambutannya, Bupati Tamzil berkeliling menuju stand-stan UKM dan mencoba aneka produk unggulan khas warga Menawan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian Mushola Baitus Sholichin yang berada di kompleks balai desa Menawan.(YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :