Baru Lima Parpol Yang Menyerahkan Berkas Ke KPU Pati

oleh

Kudus, isknews.com (Lintas Pati) – Sejak pendaftaran administrasi Partai Politik (Parpol) dibuka pada Selasa (03/10/2017) hingga Sabtu (14/10/2017) sore, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati mencatat, baru lima parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran.

Kelima parpol itu yakni Partai Perindo, PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat dan Goklar. Sementara, untuk penutupannya akan dilakukan pada Senin (16/10/2017) esok. Sejumlah langkah strategis pun dilakukan, untuk mengingatkan parpol yang belum menyerahkan berkas administrasi.

“Hari ini (Sabtu -red) kami mengirim lagi surat kepada parpol calon peserta Pemilu 2019. Intinya, mengingatkan kembali jadwal pendaftaran parpol, dan penyerahan berkas syarat pendaftaran dilakukan pada 3-16 Oktober. Surat itu kami sampaikan kepada parpol yang belum menyerahkan berkas apa pun kepada kami,” terang Ketua KPU Pati, Much Nasich.

TRENDING :  Lakukan Monitoring Lewat Helikopter, Wabup Beberkan Potensi Pesisir yang Bakal Didongkrak

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan tetap membuka pelayanan pada hari libur Minggu (15/10/2017), sehingga parpol bisa menyerahkan berkas tidak harus di hari terakhir penutupan. Bahkan, khusus hari Senin pihaknya akan memberikan pelayanan hingga tutup hari di jam 00.00 WIB.

TRENDING :  KPU Pati Nyatakan Partai Demokrat Memenuhi Verfak

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Pati, Joni Kurnianto selepas menyerahkan berkas ke KPU Pati mengatakan, pendaftaran ini merupakan syarat semua parpol, untuk menjadi calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Dari pengurus pusat memang tidak mengintruksikan untuk mendaftar secara serentak. Karena itu, kami memilih lebih dulu menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU. Sedang, DPD Partai Demokrat Jateng baru akan mendatangi KPU Provinsi pada hari Minggu atau Senin besok,” paparnya.

TRENDING :  Angkutan Online Dilarang, ADO Tantang Polling

Dalam penyerahan berkas-berkas pendaftaran kemarin DPC Partai Demokrat Pati, terang Joni, sudah menyerahkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Diantaranya, daftar Kartu Tanda Anggota (KTA), e-KTP atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil, serta daftar nama dari jumlah keanggotaan yang dimasukkan oleh, Parpol ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Hari ini (kemarin -red) semua syarat dan berkas pendaftaran, telah kami serahkan ke KPU Pati. Kalaupun nanti ada berkas yang kurang bisa kita susulkan,” tandasnya. (Wrn)

KOMENTAR SEDULUR ISK :