Bawaslu Kudus Rekrut Panwascam 2024, Sediakan Kuota 30 Persen Bagi Perempuan

oleh -1,275 kali dibaca
Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam yang juga Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Kudus, Eni Setyaningsih (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu Kabupaten Kudus dalam rangka pelaksanaan penyelenggaraan pengawasan pemilu di tingkat kecamatan, telah membuka rekruitmen anggota panitia pengawas pemilu (pawaslu) di 9 kecamatan Kabupaten Kudus.

Tak hanya peserta pria, dalam rekrutmen tersebut Bawaslu Kudus juga menyediakan kuota 30 persen bagi keterwakilan perempuan. Dalam proses rekrutmen tersebut, Bawaslu menerapkan sistem gugur pada tes Computer Assisted Test (CAT). Sebelum nantinya calon Panwaslu Kecamatan mengikuti tahapan tes wawancara.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam yang juga Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Kudus, Eni Setyaningsih menjelaskan, pihaknya menekankan agar perempuan di Kudus juga ikut partisipasi aktif menjadi peserta pengawas pemilu dengan mendaftar melalui rekrutmen Panwascam Bawaslu yang telah dibuka selama 7 hari, sejak 21 sampai 27 September 2022.

“Bawaslu Kudus membutuhkan 27 komisioner Bawaslu yang terbagi di 9 kecamatan di Kabupaten Kudus,” ujarnya saat ditemui di sekertariat Bawaslu, Selasa (20/09/2022).

“Setiap kecamatan itu kita akan merekrut 3 komisioner Panwascam, untuk membantu kita melakukan pengawasan di tiap kecamatan,” ujarnya.

Untuk perekrutan periode ini, sesuai regulasi yang baru dan arahan dari Bawaslu RI, akan memperhatikan tingkat keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

“Jadi peluang adanya komisioner perempuan nanti semakin tinggi jadi panwascam,” ujarnya.

Eni menjelaskan, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi calon pendaftar Panwascam. Di antaranya harus berstatus warga Negara Indonesia berusia minimal 25 tahun. Jenjang pendidikan minimal SLTA atau sederajat.

“Tidak menjadi anggota partai politik atau tim kampanye. Atau sudah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik atau tim kampanye setidaknya lima tahun,” tegasnya.

Selain itu, tambah Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kudus ini, dalam rekrutmen Panwascam kali ini pihaknya juga memperhatikan keterwakilan perempuan.

Jika dalam waktu 7 hari pendaftaran di salah satu kecamatan belum terpenuhi kuota perempuan, maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran selama selama 7 hari.

“Termasuk jika satu Kecamatan belum terpenuhi di dua kali kebutuhan. Misalkan kurang dari 6 orang, maka akan kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran,” tegasnya

Rekrutmen Panitiya Pengawas Kecamatan (Panwascam) 2024 nantinya dihasilkan melalui suatu rangkaian tahapan seleksi.

“Sosialisasi rekrutmen panwaslu kecamatan telah kami lakukan secara masif guna memberi kesempatan seluruh masyarakat di Kabupaten Kudus untuk berpartisipasi dengan rentan waktu 15 September 2022 hingga 21 September 2022,” tuturnya.

Sosialisasi pendaftaran panwaslu kecamatan dilakukan melalui berbagai cara dan secara transparan. Yakni dengan memasang spanduk pendaftaran di Sembilan Kecamatan di Kabupaten Kudus maupun di tempat yang strategis di Kabupaten Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.