Berkah Lebaran, Perajin Lampion di Kudus ini Telah Produksi hingga 400-an Pcs

oleh -1,204 kali dibaca

Kudus, iskneews.com – Lampion banyak digunakan masyarakat termasuk anak-anak untuk memeriahkan malam takbiran serta sebagai hiasan rumah di Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Hal itu otomatis menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah perajin lampion, seperti halnya perajin yang ada di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus ini.

Ditemui isknews.com di rumah usahanya persis di selatan SPBU Getas Pejaten, Suyono (48 tahun) mengaku sudah lama menggeluti usaha membuat lampion ini.

“Sudah menggeluti sekitar 10 tahunan, Awalnya, hanya sedikit saja permintaan namun kini sudah ratusan lampion yang diproduksi,” ucap bapak tiga anak itu.

Di momen lebaran kali ini, Yono (sapaan akrabnya) menceritakan, jika dirinya membuat lampion memang disesuaikan dengan momentumnya,

“Misal tahun baru ya bikin terompet, saat ini momennya jelang lebaran, ya buat lampion lampu karakter, jadi tergantung suasananya,” bebernya.

Menurut warga asli Purwodadi itu, saat ini permintaan lampion mengalami kenaikan dari tahun ke tahun,

“Alhamdulillah, untuk tahun ini dari pekan pertama pertengahan ramadhan hingga jelang lebaran, sudah sekitar 400 pcs yang sudah saya buat, baik untuk reseller maupun perorangan” ujarnya.

“Pesanan cukup banyak. ada yang dijual kembali dan konsumen biasa, diantaranya dari Desa Pedawang Kecamatan Bae (kolektif untuk takbiran), Desa Gulang Kecamatan Mejobo, Desa Kaliputu Kecamatan Kota, bahkan ada yang dari Kabupaten tetangga, Sukolilo Pati,” sambungnya.

Membuat lampion, kata Yono, butuh ketelatenan. Yono sendiri mengerahkan istri dan anak-anaknya,

“Dalam satu hari bisa membuat 20-30 lampion, proses pembuatan dibantu istri dan anak-anak,” imbuhnya.

Ia bersyukur, dengan permintaan yang bagus itu, berarti pendapatannya juga semakin banyak.

“Alhamdulillah, bisa buat tambah-tambah untuk kelangsungan keseharian keluarga,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :