Cegah Musibah Ketenagalistrikan PLN UP3 Kudus Ajak Masyarakat Berperan Aktif Jaga Keselamatan

oleh

Kudus, isknews.com – PLN UP3 Kudus mengajak warga masyarakat untuk dapat berperan aktif menjaga keselamatan ketenagalistrikan. Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Selain bermanfaat, listrik juga dapat berbahaya jika tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Hal itu disampaikan oleh Manager PT PLN UP3 Kudus Darmadi melalui Koordinator kehumasan, Sucipto Arief Wibowo, menurutnya listrik adalah komoditas yang tidak terlihat wujudnya atau intangible, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakannya, Selasa (09/07/2019).

“Setiap akan melakukan aktivitas perbaikan instalasi listrik, hendaknya menggunakan sarung tangan yang dapat mengamankan dari stroom listrik oleh tenaga yang ahli”, imbuhnya kepada awak media.

TRENDING :  Beringin Depan Kantor Desa MlatinorowitoTumbang Sisakan Misteri

Sucipto juga menghimbau agar masyarakat tidak mengutak atik meteran listrik karena selain berbahaya, hal tersebut juga merupakan bentuk pelanggaran dan dapat dikenakan sanksi.

Utamakan perilaku keselamatan dalam mempergunakan alat-alat ketenagalistrikan (Foto: YM)

“Kewenangan PLN adalah sampai dengan meteran listrik (APP- Alat Pengukur dan Pembatas). Pelanggan tidak diperkenankan untuk melakukan pencantolan langsung ke kabel listrik PLN, maupun mengutak-atik meteran listrik dengan maksud dan tujuan apapun”, ungkap Sucipto.

Selain merupakan pelanggaran, mengutak atik meteran dapat menjadi penyebab korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

TRENDING :  27 April 2016 Mendatang Gerbang Kudus Kota Kretek Rencana Diresmikan

“Jika ada kendala atau informasi lebih lanjut langsung hubungi saja (kode area- 0291) 123, petugas kami akan segera datang ke lokasi”, tambahnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, masih banyak aktivitas membahayakan yang dilakukan masyarakat terkait penggunaan tenaga listrik.

“Misalnya stroom tikus yang dipasang oleh masyarakat di sawah-sawah sekitaran wilayah Pati. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan orang yang beraktivitas di sekitar sawah tersebut,” tuturnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah larangan untuk tidak melakukan aktivitas (pembangunan rumah, pemasangan baliho, bendera partai, pemotongan pohon, dan lain-lain) dekat jaringan listrik.

TRENDING :  PT Nojorono Tobacco International Selenggarakan Program Semarak Djiwa Tangguh

“Aktivitas apapun tidak boleh dilakukan pada jarak 3 meter dari jaringan listrik PLN, hubungilah PLN setempat untuk dapat mengamankan jaringan listriknya, jika memang dibutuhkan pemadaman, maka akan kami kawal untuk mengamankannya”, pungkasnya.

PLN berkomitmen dalam melayani kebutuhan kelistrikan masyarakat. PLN juga terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dengan siap siaga 24 jam menjaga keandalan listrik. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :