Debit Air Meningkat Drastis, Bendung Wilalung Siaga Tiga

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Debit air Bendung Wilalung, Kalirejo, Kecamatan Undaan, naik drastis mencapai 693 meter kubik per detik. Koordinator petugas jaga Bendung Wilalung Nor Ali kepada isknews.com mengatakan, debit air meningkat drastis sejak Jumat (17/11/2017) dini hari.

“Sekitar pukul 00.00 WIB debit menigkat, tercatat saat itu 425 meter kubik per detik. Kemudian naik drastis pada pukul 06.00 menjadi 693 meter kubik per detik,” kata Nor Ali.

Dia mengatakan, saat ini status Bendung Wilalung ditetapkan Siaga 3, namun dinyatakan masih aman terkendali. “Di bawah 700 meter kubik per detik masih aman, tidak ada dampak yang ditimbulkan. Kalau sudah naik 800 meter kubik per detik, baru dilakukan tindakan yakni mengalirkan ke sungai Juwana,” tuturnya.

TRENDING :  Air Mulai Hijau, Banjir di Ngantru Dimungkinkan Bertambah

Dia menambahkan, naiknya debit air di Bendung Wilalung karena kiriman dari Sungai Dumpil, Grobogan. Saat ini air dialirkan seluruhnya ke Sungai Wulan. Pantauan hingga pukul 14.00 WIB tidak ada tambahan kiriman air.

TRENDING :  DIDUGA DIPERKOSA ANAK MAJIKAN,HINGGA HAMIL 7 BULAN

Bahkan, lanjutnya, ada kecenderungan bakal menurun melihat pergerakan tiap jamnya. “Kami perkirakan nanti malam debit air bakal menurun, dengan catatan di Grobogan tidak hujan,” ujarnya.

Tak hanya itu, kabar baiknya sampah yang ikut mengalir ke Bendung Wilalung hingga saat ini juga masih sedikit. Hanya ada di sekitar pintu 10 dan pintu 11, sehingga tidak terlalu menyulitkan petugas dalam pembersihan.

TRENDING :  Pengobatan Tifus

Sementara itu Kapolsek Undaan AKP Anwar mengatakan, pihaknya juga ikut memantau kenaikan debit air untuk mengantisipasi banjir di wilayah Kecamatan Undaan. “Sementara masih aman, tidak ada ancaman banjir, khususnya yang mengancam wilayah pertanian,” tandasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :