Dinas Arpusda Support Ketersediaan Buku Pada Program Peningkatan Literasi Polda Jateng di Kudus

oleh -1,883 kali dibaca
Kepala Dinas Arpusda Kudus, Samani Intakoris saat secara simbolis serahkan sejumlah buku bagi program literasi di lingkungan Polda Jateng pada Polsek Undaan (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Polda Jawa Tengah saat ini sedang meningkatkan gerakan literasi yang dilakukan oleh semua pihak, guna menciptakan kesadaran di masyarakat dalam mengoptimalkan informasi di ruang digital. Terkait hal tersebut Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, siap menyokong program tersebut khususnya yang berada di wilayah Kota Kretek.

Dinas Arpusda akan memberikan suport berupa ketersediaan buku bacaan untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Akhir (SMA) di sejumlah kepolisian sektor (Polsek) di Kudus. Buku-buku itu kemudian akan didistribusikan kembali kepada masyarakat untuk peningkatan literasi.

Implementasi dukungan pada program tersebut diawali oleh Dinas Arpusda dengan pendistribusian sejumlah buku yang dilaksanakan di Polsek Undaan, Kecamatan Undaan, Rabu (30/8/2023).

Menurut Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris, ada sekitar 60 buku aneka judul dan tema yang disumbangkan kepada Polsek Undaan dengan pendistribusian selanjutnya akan dilakasanakan di sejumlah Polsek yang lainnya.

”Kami mendapat surat dari Polsek Undaan yang mana merupakan terusan dari Kapolda Jateng soal program peningkatan literasi di Kudus, tentu ini kami sambut baik dan akan kami dukung semaksimal mungkin,” ujar Samani.

Dia menambahkan, peningkatan literasi di Kabupaten Kudus memang perlu dilakukan secara gotong royong. Semakin banyak pihak yang konsen terhadap hal ini, maka semakin cepat pula peningkatan literasi bisa terjadi di Kudus.

Saat ini sendiri, tingkat minat baca di Kudus masuk pada kategori sedang. Yakni di persentase sebesar 45,8 persen. Sementara untuk indeks peningkatan literasi masyarakat berada di kategori sedang pula. Yakni di angka 58,6 persen.

”Karena itu saya sangat hormat dengan Kapolda Jateng, program peningkatan literasi ini memang tidak hanya akan mempengaruhi kecerdasan saja, melainkan juga meningkatkan kualitas hidup hingga meningkatkan keamanan dan tentunya kesejahteraan masayarakat,” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.