Dinilai Sukses Bina Bumdes di Kudus, Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMD Lilik Ngesti Jadi Nominator Nasional Duta Bumdes

oleh -1,014 kali dibaca
Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinas PMD Kudus Rr Lilik Ngesti Widiasuryani (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Jumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah Kabupaten Kudus terus berkembang. Tahun 2022 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kudus mencatat, total ada 80 desa kini telah memiliki badan usaha tersebut.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinas PMD Kudus Rr Lilik Ngesti Widiasuryani menyebut, jumlah desa yang memiliki Bumdes meningkat dari tahun ke tahun. Di mana, pada tahun 2021 hanya ada 58 desa yang memiliki Bumdes. Data terakhir mencatat bahwa ada penambahan 22 desa di Kudus yang menyusul memiliki Bumdes di tahun 2022.

“Data terakhir yang sudah punya Bumdes ada 80 desa dari 123 desa yang ada di Kudus. 58 sudah berbadan hukum, 22 lainnya masih ada yang proses badan hukum dan ada yang belum badan hukum juga,” ujarnya, Jumat (27/1/2023). 

Sebanyak 80 desa tersebut tersebar di 9 kecamatan, meliputi 8 desa di Kecamatan Kaliwungu, 7 desa di Kecamatan Kota, 13 desa di Kecamatan Jati, 5 desa di Kecamatan Mejobo, 7 desa di Kecamatan Jekulo, 4 desa di Kecamatan Bae, 8 desa di Kecamatan Gebog, dan 12 desa di Kecamatan Dawe.

“Sebagian besar Bumdes tersebut rata-rata itu bergerak di bidang pengelolaan sampah, perdagangan, dan pengelolaan air bersih,” imbuhnya.

Sebagai apresiasi dari pemerintah pusat terhadap perkembangan Bumdes di Kudus, pada pelaksanaan hari Bumdes 2023 yang akan berlangsung di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 1 sampai dengan 2 Februari 2023 ini, Lilik Ngesti Widiasuryani masuk dalam nominasi pemenang Duta BUMDes tingkat nasional.

Lilik masuk nominasi Duta BUMDes kategori aparat pemerintah daerah kabupaten dan/ atau provinsi disandingkan dengan nominator lain H Ansar Ahmad SE MM yang kini menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Riau.

“Saya mohon doanya agar dalam pemilihan Duta BUMDes bisa terpilih menjadi pemenang,” ujar Lilik, Senin 30 Januari 2023

Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan dilakukan pada acara Pesta Rakyat di Hari BUMDes Tahun 2023 di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan (eks Arena MTQ) Provinsi Kepulauan Riau. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.