Jumlah Penumpang Arus Mudik 2019 di Prediksi Naik 12 Persen

oleh
Gambar arus mudik di terminal induk pada lebaran tahun 2018 (foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sebagai salah satu instansi pemangku suksesnya kegiatan arus mudik dan arus balik lebaran 2018 atau Idul Fitri1440 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus telah mempersiapkan serangkaian pemantauan di beberapa sektor vital terkait jalur mudik serta kesiapan personel.

Kepala Dishub Kudus Abdul Halil menjelaskan, kedatangan gelombang arus mudik secara sporadis sudah di mulai hari senin kemarin. Dalam mempersiapkan kegiatan pemantauan ini pihaknya juga melakukan analisa dan evaluasi kegiatan penyelenggaraan Lebaran tahun 2018 (1439 H), yang berjalan aman, lancar dan terkendali.

“Para penumpang yang mudik dan balik menggunakan angkutan umum dapat terlayani dengan baik, lancar dan aman, meskipun masih perlu adanya rekayasa dan manajemen lalu lintas yang lebih baik,” katanya, Selasa (14/05/2019).

TRENDING :  Tolak Digusur, Ratusan Tukang Becak Dan Ojek Wisata Masjid Menara dan TBK Kudus Gelar Demo

Guna mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penyelenggaraan Pelayanan Angkutan Lebaran, salah satunya yang disebabkan semakin meningkatnya  penggunaan Sepeda Motor sebagai moda arus mudik dan balik dari tahun sebelumnya.

Dirinya memprediksi penumpang pada lebaran 2019 ini di perkirakan akan naik 12 persen jumlah arus mudik di bandingkan tahun 2018 yang berjumlah 128.352, apalagi hal itu juga karena bertepatan dengan hari libur sekolah.

“Sedangkan pada hari H lebaran jumlah penumpang akan naik 6 persen dari 24.929 penumpang pada tahun 2018, sementara pada arus balik nanti diperkirakan aka nada kenaikan jumlah penumpang sebesar 7 persen dari angka 17.069 pada 2018 tahun lalu,” terang dia.

Ia menyebutkan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait. Polres Kudus, Dishub Jawa Tengah, dan instansi terkait lainnya yang berwenang akan digandeng guna mempersiapkan masa mudik di Kudus termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus serta berkerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah dan BPSPP Wilayah Pati .

TRENDING :  Pemkab Kirim Rp 1,2 Milyar Untuk Korban Bencana Palu

“Karena Dishub mempredksi bahwa tahun ini akan ada peningkatan jumlah angkutan penumpang umum keluar masuk terminal Induk pada kegiatan arus mudik tahun ini akan alami kenaikan sebesar 5 persen dari angka 4.290 pada tahun 2018,” ungkapnya.

Ditambahkannya ,enurut dia, di  hari Lebaran juga diprediksi aka nada kenaikan jumlah angkutan penumpang sebanyak 5 persen dari 1.806 tahun 2018. “Sedangkan pada arus balik juga ada kenaikan 5 persen dari angka 5.596 tahun 2018,” terangnya.

TRENDING :  Air Bendungan Logung Segera Dikuras, Perahu Wisata Dilarang Beroperasi

Pengecekan dan pemeriksaan pada kelaikan jalan armada bus juga akan dilaksanakan. Pengecekan biasanya mencakup kendaraan beserta sopirnya. “Kendaraan akan diperiksa kelayakan jalannya. Sedang sopir akan diperiksa kesiapan dan kesehatannya,” tutur Halil.

Sementara itu soal ketersediaan Bus angkutan penumpang, Halil menyampaikan, dalam melayani lebaran tahun 2019 Dinas Perhubungan sudah menyiapkan armada Bus AKAP  sebanyak 118 bus, cadangan 19 bus, Bus AKDP  sebanyak 167 bus,  cadangan 19 bus  dan Angkota / Angkudes sebanyak 651 angkot.

“Semua aspek pendukung juga akan dipastikan kesiapannya,” ucap Halil.

Halil juga mengharapkan tak ada kenaikan yang signifikan pada tiket bus. Mengingat para penumpang berasal dari golongan ekonomi yang berbeda-beda. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :