Dishubkominfo Pasang ZoSS Di 5 Sekolah Di Jalur Rawan Laka Lantas

oleh -1,096 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Lima sekolah yang lokasinya di jalur rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas), dipasangi area Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Rambu-rambu yang antara lain untuk menjamin keselamatan siswa di sekolah yang bersangkutan itu, pengadaannya oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto , melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Putut Dwi Kuncoro, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Kamis (16/6), membenarkan hal itu. Kelima sekolah yang dipasangi area ZoSS itu, adalah di Kecamatan Bae tiga sekolah, yakni SMA 2 Bae, SMP 2 Bae dan SMP 3 Bae. Di Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati masing satu sekolah, yakni SMA 1 dan MI Muhammadiyah Al-Tanbih, di Desa Loram Kulon. “Pemasangan ZoSS di lima titik itu, merupakan pengadaan pada TA 2016 ini, dananya dari APBD Kabupaten Kudus, sebesar Rp 2,9 miliar. Sedangkan TA 2015 lalu, pemasangan ZoSS hanya satu titik, di SMA 1 Bae.”
Kebijakan pemasangan ZoSS, ungkapnya lanjut, mempunyai tujuan mencegah atau mengurangi terjadi lantas, serta menjamin keselamatan siswa di sekolah setempat. Karena itu sekolah yang dipilih untuk dipasang ZoSS, adalah yang lokasinya di jalur rawan laka lantas. Kriterianya, kepadatan lalu lintas cukup tinggi, arus lalu lintas yang melaju cepat dan tersedianya jembatan penyebarangan. “Sebelum pelaksaan pemasangan, kami sudah lebih dahulu melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan pihak sekolah, agar dengan adanya ZoSS itu, disikapi sebaik-baiknya. Karena tujuannya adalah terciptanya keselamatan siswa dan pengajar di sekolah tersebut.”
Putut menjelaskan, pengadaan ZoSS itu, merupakan program dari Kementrian Perhubungan RI (pusat), daerah atau kabupaten yang ditunjuk tinggak menindak lanjuti. “Pemilihan lokasi dan pengadaan, diserahkan kepada pihak Pemkab setempat.” (DM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.