Dishubkominfo Targetkan Rp 4,6 M Dari Parkir

oleh -945 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, pada 2016 ini, menargetkan pendapatan dari jasa perparkiran, sebesar Rp 4,6 M.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto , melalui Kepala UPT Perparkiran, Istiyanto, yang dihubungi isknesw.com, Jumat (5/2), mengatakan hal itu. Menurut dia, target sebesar itu, jika dibandingkan tahun sebelumnya, mengalami kenaikan dua kali lipat atau 200%. “Tahun lalu targetnya sebesar Rp 2,3 miliar, yang pada akhir tahun hanya terealisasi sekitar 64%.”
Tidak tercapainya target tersebut, ungkapnya, dikarenakan usaha jasa perparkiran dalam pelaksanaan di lapangan tidak bisa dipaksakan, atau dalam Bahasa Jawanya, “adang-adang”, selain itu, lahan atau areal parkir, dari tahun ke tahun terbatas. “Pendapatan yang diperoleh dari perparkiran, yang menjadi kewenangan Dishubkominfo, adalah parkir umum dan parkir khusus. Ini yang harus diketahui oleh masyarakat.”

Yang dimaksud parkir umum, adalah semua kendaraan yang parkir di jalan umum, di semua ruas jalan di Kabupaten Kudus. Mereka ini adalah warga masyarakat konsumen pertokoan dan warung makan, yang jika sedang berjualan, pengunjung ramai dan penarikan parkir hasilnya baik. Tapi kalau toko dan warung makanya sedang tutup, ya hasil penarikan parkir pun menurun. “Contohnya, warung-warung di areal parkir depan DPRD, tidak setiap hari buka atau berjualan.”

Selanjutnya yang dimaksud parkir khusus, adalah parkir di areal tertutup. Ada dua parkir khusus yang kewenangan Dishubkominfo, yakni di Kudus Plasa dan pertokoan Ramayana. Selain itu, meskipun ada di lingkungan lembaga pemerintahan, namun parkirnya dikelola sendirinya, contohnya RSUD Dr Lukmomonohadi. “Masyarakat mungkin tahunya penarikan retribusi parkir di RSUD disetorkan ke dinas, padahal tidak pernah sekalipun.’
Mengenai dinaikkannya target pendapatan perparkiran pada 2016 ini, ditegaskan meskipun dirasakan berat, pihaknya dan jajaran UPT Perparkiran akan berusaha keras untuk bisa mencapai target. “Karena sudah ditetapkan angakanya, ya konsekwensinya memang kami harus bekerja keras.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :