Dishubkominfo Wajibkan Kendaraan Angkutan Lebaran Diuji Kelaikanya

oleh -936 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten, akan mengadakan uji kelaikan jalan bagi kendaraan armada lebaran 2016.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus Didik Sugiharto , melalui Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan dan Sarana, Sunyoto, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Jumat (10/6), membenarkan hal itu.

40
Menurut dia, uji kelaikan itu sangat penting dan diwajibkan bagi kendaraan yang diikutkan dalam armada angkutan lebaran, baik bagi kelancaran dan keamanan kendaraan, serta keselamatan dan kenyamanan penumpang. “Kalau kendaraannya laik jalan, baik awak bus dan penumpangnya akan lebih merasa nyaman dan tidak khawatir, karena keselamatannya terjamin.”
Uji kelaikan tersebut, katanya lanjut, akan dilaksanakan pada enam hari sebelum hari H diberlakukannya angkutan lebaran 2016. Bagi bus dari dalam Kota Kudus, uji kelaikan dilakukan di tempat pengujian Dishubkominfo, sedangkan untuk bus asal luar Kudus, uji kelaikannya di Terminal Bus Induk.
“Terkait dengan hal itu, secepatnya kami akan mengirim surat pemberitahuan resmi, kepada para PO dan pemilik angkutan umum yang diikutkan dalam angkutan lebaran.”
Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Putut Dwi Kuncoro, yang dihubungi terpisah, mengatakan, hingga saat ini pihaknya selaku penanggung jawab pengadaan angkutan lebaran, sejauh ini belum menetapkan berapa jumlah armada yang akan dikerahkan, dalam rangka melayani penumpang lebaran 2016. ” Kami menunggu hasil uji kelaikan kendaraan oleh Bidang Keselamatan dan Sarana, karena ada keterkaitannya.”
Namun mengenai jumlah armada lebaran itu, dia menjelaskan diprediksi akan terjadi kenaikan sekitar 5-10%, dibandingkan pada lebaran 2015, demikian pula dengan jumlah penumpang. “Setiap tahun kenaikkanya berkisar ke angka itu, tidak pernah melebihi.”
Data terkait pelaksanaan angkutan lebaran 2015, menyebutkan, jumlah armada angkutan pada lebaran idul fitri 1436 H/2015, sebanyak 1.130 unit, terdiri atas 479 armada bus dan 651 armada non bus. Untuk armada bus sejumlah 479 unit itu, terdiri bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 127 unit dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) 233 unit, belum termasuk bus cadangan AKAP dan AKDP masing-masing 19 unit.
Armada lebaran non bus sebanyak 651 unit, sebagian besar angkutan kota (angkot) dan angkutan pedesaan (angkudes) yang dikerahkan melayani penumpang lebaran, keluar masuk Terminal Bus Induk Kudus.
Berdasarkan data yang ada di Bagian LLAJ, jumlah penumpang lebaran 2015, arus mudik sebanyak 116.938 orang, penumpang lebaran yang transit di Kudus, sebanyak 24.558 orang, sedangkan arus mudik jumlahnya mencapai 112.658 orang. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :