DPRD Kudus Setujui dan Tandatangani Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018

oleh

Kudus, isknews.com – Sempat ditunda akibat anggota Dewan yang hadir pada Rapat Paripurna dengan agenda persetujuan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018 tak memenuhi kuorum.

Namun setelah dilakukan penundaan siangnya, akhirnya Penandatanganan Berita Acara Persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD berhasil di lakukan setelah di tunda pelaksanaannya usai shalat Jumat di Ruang Rapat Paripurna DPRD , Jumat (19/07/2019).

Persetujuan dan penandatanganan yang diberikan oleh DPRD Kudus setelah melalui beberapa rapat pembahasan, terkait pengelolaan APBD Kudus pada tahun 2018 oleh Pemerintah Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Aspirasi Banyak Tak Diakomodir, Bupati Jepara Dihujani Kritik Dewan

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Ahmad Yusuf Roni. Hadir pada kesempatan itu Bupati Kudus, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kudus, Unsur Forkopinda, para Asisten Sekda, para Staf Ahli Bupati, Sekretaris DPRD Kabupaten Kudus, Pimpinan OPD, Perusahaan Daerah, Camat se-Kabupaten Kudus.

Ketua DPRD Kudus Achmad Yusuf Rony saat menandatangani persetujuan pertanggungjawaban APBD 2018 oleh Bupati Kudus HM Tamzil (kiri) yang didampingi para wakil pimpinan (Foto : istimewa)

Wakil ketua DPRD Kabupaten Kudus, Ilwani menyampaikan Laporan Badan Anggaran DPRD, bahwa badan anggaran telah menyelesaikan pembahasan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksaan APBD 2018.

Badan Anggaran juga merekomendasikan untuk menghadirkan OPD terkait yang mengelola retribusi daerah untuk mencari solusi dan membahas upaya yang akan dilakukan sehingga dapat ikut menunjang pendapatan asli daerah. Dalam pelaksanaan tahun anggaran 2018, realisasi pendapatan hanya tercapai 69,83% dari target yang di tentukan.

TRENDING :  Penuh Inovasi Pokdarwis Pati Jadi Sorotan Pokdarwis Se-Jawa Tengah

Sementara itu, Bupati Kudus HM Tamzil dalam menyampaikan sambutannya menegaskan bahwa pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2018 telah memperoleh opini WTP dari BPK, meskipun mendapat beberapa catatan.

“Kami jajaran eksekutif Pemkab Kudus menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya dan sekaligus apresiasi positif atas segala bantuan, partisipasi serta sumbangsih DPRD Kudus dalam pengambilan keputusan Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus 2018,” ucapnya.

TRENDING :  ASN Harus Berikan Pelayanan Publik Terbaik

Dalam kata akhir pidato bupati, pihaknya juga mendorong semua jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja agar pelaksanaan APBD Tahun Angaran 2019 dapat lebih baik lagi.

“Saya minta dukungan dari semua pihak termasuk anggota dewan untuk mendukung kinerja kami, agar pelaksanaan APBD tahun 2019 dapat lebih baik lagi, ” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :