Dua Bulan Lagi Gedung Kudus Trade Center Siap Dioperasikan

oleh
Bangunan Gedung Kudus Trade Center yang kini da;am penyelesaian (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Teka teki keberlangsungan bangunan yang berada tak jauh dari terminal induk Kudus kini terjawab. Bangunan Trade Center yang pembangunannya sempat terhenti, rencanaya akan segera difungsikan. Bangunan yang dikelola pihak ketiga itu rencananya akan digunakan untuk Bioskop dan kawasan pertokoan.

“Ini proses pembangunannya sudah hampir selesai. Dalam kurun dua bulan lagi, Trade Center sudah bisa dimanfaatkan,” kata Sudiharti, Kepala Dinas Perdagangan Kudus saat ditemui media ini Rabu (26/06/2019) di kantor dinasnya.

TRENDING :  Pengemudi Ojol Grab G1 Mantab Bergabung Dalam FSPTI -KSPSI Kudus

Harti mengungkapkan gedung yang dibangun menggunakan dana APDB Kabupaten Kudus dengan nilai Rp. 12,46 miliar itu disewa dalam kurun waktu lima tahun. dan kontraknya bisa diperbaharui selama pengelola tidak melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang telah disepakati.

Untuk pengelolaannya, Harti menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyerahkan sepenuhnya kepada pihak ke tiga. Termasuk pengelolaan lima gerai dan kegiatan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang rencananya akan digelar selama lima hari setiap sebulannya.

TRENDING :  Nyaris Gagal Partai Berkarya Daftar Paling Akhir

“Di lantai dua, rencananya akan digunakan untuk bioskop dengan kapasitas 150 tempat duduk yang terbagi kedalam empat ruangan. Untuk lantai dasar akan digunakan sebagai kawasa pertokoan dan UMKM,” tegas Harti.

Sebagai tambahan, pelimpahan pengelolaan Trade Center ke pihak ketiga ini disebabkan karena tidak adanya anggaran untuk menyelesaikan pembangunan gedung seluas 2.180 meter tersebut.

“Paling tidak kita masih membutuhkan dana sebesar Rp, 13 miliar jika ingin melanjutkan pembangunan Trade Center. Karena estimasi dana untuk pembangunan gedung tersebut sebesar Rp. 25 miliar, sedangkan pada pembangunan tahun 2017 lalu hanya terpenuhi sekitar Rp. 12 miliar,” jelas dia.

TRENDING :  IKM Dimotivasi Agar Selalu Bekerja Keras

Menurut Harti, dengan penyewaan ini, Pemkab Kudus cukup diuntungkan. Karena penyelesaian pembangunan Trade Center ini akan dilanjutkan oleh pihak ketiga. Dengan itung sewa sebesar Rp. 600 juta per tahunnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :