Gali Semangat Pengorbanan dan Nasionalisme, SMP 1 Kudus Gelar Lomba Mirip Pahlawan Nasional

oleh

Kudus, isknews.com – Sejumlah sekolah mengadakan kegiatan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, tak terkecuali SMP 1 Kudus. Sekolah tersebut menggelar lomba mirip pahlawan nsional, Mereka mengenakan kostum ala pahlawan nasional yang menjadi idola masing-masing. Ada Panglima Soedirman, Pangeran Diponegoro, Tjut Nya Dien, dan lainnya.

Menurut Hasan Sunarto, Humas SMP 1 Kudus mengatakan lomba mirip pahlawan merupakan bagian dari perayaan HUT RI Ke-74 yang digelar oleh pihaknya. Dengan harapan mereka bisa meniru semangat dan pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

TRENDING :  97 Persen Lebih Warga Kudus Wajib Miliki KTP Elektronik Telah Lakukan Perekaman Data
Sejumlah siswa saat mengenakan kostum mirip phlawan nasional idola mereka (Foto: istimewa)

“Generasi sekarang banyak yang tidak paham tidak kenal dengan sosok pahlawan. Mereka lebih akrab dengan tokoh-tokoh fiktif film kartun, artis, pematin sinetron,” katanya, Senin (19/08/2019).

Dengan menampilkan sosok pahlawan dalam bentuk meniru kostum para pahlawan bangsa, sangat diharapkan membekas di hati mereka. Sehingga mereka bisa meneladani semangat dan pengorbanan mereka.

Seperti yang dipantau oleh media ini, puluhan siswa itu berdandan dan mengenakan pakaian menyerupai sejumlah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga membekali diri dengan sejumlah benda dan kata bijak yang begitu lekat dengan sosok pahlawan yang diperagakannya.

TRENDING :  Buka Jasa Parkir, Kelompok ini Donasi ke Anak Yatim

“Berdoa bagi pemimpin negara, berarti membuat tanggungjawab bangsa menjadi tanggungjawab umat islam juga,” ujar salah satu siswa SMP 1 Kudus yang berperan sebagai Tuanku Imam Bonjol.

Dengan kreatifitas dan semangat nasionalisme ini, pihaknya mengharapkan siswa siswinya dapat tumbuh sebagai generasi penerus yang unggul.

TRENDING :  Pengelolaan Dana Desa di Pati Akan Disalurkan Melalui Bank Jateng

Selain itu, lomba mirip pahlawan ini diharapkan dapat menjadi wadah yang edukatif untuk mengenalkan biografi dan karakter para pahlawan Indonesia. Sehingga kedepan siswa tidak hanya mengenal wajah para pahlawannya saja, tetapi memahami perjuangan dan jasa mereka juga.

Di hari yang sama, SMP 1 Kudus juga menggelar sejumlah lomba khas HUT RI. Yakni lomba makan kerupuk, memindahkan balon, menulis artikel, membuat poster, memindahkan kursi dan musik dari barang bekas. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :