GeKAES, Ajang Kreativitas Siswa Mengelola Even

oleh
GeKAES, Ajang Kreativitas Siswa Mengelola Even ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – SMA Negeri 1 Jepara, Senin (10-9-2018) kembali menggelar Pentas Seni Gebyar Kreasi Apresiasi dan Ekspresi Seni (Pensi GeKAES) XXII di sekolah setempat. Pensi GeKAES yang sekaligus puncak perayaan HUT ke-55 merupakan ruang berekspresi bagi siswa, sekaligus menjadi media promosi bagi sekolah.

GeKAES XXII yang merupakan ajang tahunan, kali ini mengambil tema “Masterpiece” atau maha karya. Gelaran ini berlangsung meriah dan diisi dengan penampilan berbagai pertunjukan seni, mulai dari penampilan band, atraktsi grand opening, pemenang pencarian bakat, tari tradisional, dan drama guru serta penampilan pertunjukkan lainnya.

Kepala SMA Negeri 1 Jepara Udik Agus DW mengatakan, kegiatan ini murni dikelola oleh para siswa melalui OSIS yang bertujuan memberiakan ruang berekspresi positif bagi generasi muda, khususnya para siswa-siswi untuk menyalurkan bakat minat mereka dalam sebuah pentas seni. “Selain kreativitas, mereka juga belajar bagaimana mengelola sebuah even. Bagaimana mereka belajar untuk mengelola sebuah perhelatan, balajar memanage, bernegosiasi dengan sponsor, merangkai sebuah acara, dan memberikan nilai wirausaha pada sebuah kegiatan,” ujar Udik.

TRENDING :  Gondol CB, Pemuda Tanggung Bonyok Dibogem Warga

Ia mencatat empat kemampuan atau kompetensi pada abad 21 yang harus dikuasi oleh para siswa, yakni berfikir kritis, berfikir kreatif, berfikir kolaborasi, dan bagaimana mengkomunikasikan ide gagasan. Selain itu, Udik berpesan pendidikan karakter juga tak kalah pentingnya untuk dikembangkan.

TRENDING :  Memprihatinkan, Kesenian Kentrung Butuh Perhatian

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) SMA pada Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah II Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Haryanto yang juga hadir. Ia memberikan apresiasi dan mengungkapkan rasa bangganya atas pelaksanaan GeKAES SMA Negeri 1 Jepara. Dimana dalam pelaksanaan even tersebut tanpa membebani orang tua murid dari segi pembiayaan. “Dengan pembinaan karakter para murid dengan meningkatakan kewirausahaannya, sehingga bisa mengumpulkan dana anggaran untuk melaksanakan kegiatan pensi ini,” ujar Haryanto.

TRENDING :  Gudang Pabrik Tahu di Margorejo Terbakar

Rangkaian GeKAES XXII Masterpiece tahun 2018 dimulai sejak Juli dengan berbagai ajang lomba dan agenda sosial. Antara lain, liga basket, futsal, band, dance competititon, fotografi, dan bermacam-macam giat sosial. Pada puncak gelaran ini diisi dengan penyerahan hadiah dan piala bagi pemenang lomba-lomba yang diikuti sekolah lain. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :