Hadirkan Profesor Asia University Taiwan, Webinar Series 3 UMKU ‘Tuberculosis and Pandemic Covid-19’

oleh -316 kali dibaca
Prof. Liao Hung En, PhD dari Asia University Taiwan

Kudus, isknews.com – Peringati Milad Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) yang ke 21, Kantor Urusan Internasional (KUI UMKU) adakan International Webinar series. Kali ini merupakan webinar  seri ke 3 dengan isu kesehatan masyarakat (public health) di masa pandemic covid-19 dengan bahasan Tuberculosis and Pandemic Covid-19.

Hadirkan lima pemateri yakni, Prof. Liao Hung En, PhD dari Asia University Taiwan, Dr Rebecca Chou-Jui Lin dari Taouyuan General Hospital Taiwan, ahli kesehatan masyaratkat dari Indonesia Prof. Dr. Revino, dr. SpP (K) dan Dr. Edy Wuryanto, S. Kp. M. Kep., serta Rektor UMKU Rusnoto, SKM., M.Kes(Epid).

Rektor UMKU, Rusnoto dalam pembukaan webinar menyampaikan, bahwa saat ini pandemi belum usai, masyarakat tidak boleh lengah, karna masih harus menerapkan protokol kesehatan. Dan ia berharap, usai pandemi berakhir webinar yang berkolaborasi dengan universitas di berbagai negara khususnya Taiwan ini bisa dilakukan dengan konsep luring.

Usai menyampaikan sambutan, Rusnoto yang konsentrasi dalam bidang epidiomologi ini juga memaparkan materi pertama yakni tentang perbedaan dan persamaan antara tuberculosis dan Covid-19 yang selama ini masih jarang diketahui oleh masyarakat. Ia berharap, masyarakat lebih tanggap terhadap gejala tuberculosis dan covid-19.

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Liaou Hung En, PhD ia memaparkan tentang keberhasilan Taiwan dalam menangani pandemik Covid-19 dengan menggunakan dukungan teknologi.

“Memang, dengan adanya wabah pandemi, semua membutuhkan dan menjadi lebih dekat dengan teknologi. Taiwan melakukan berbagai inovasi guna menanggapi wabah pandemi sehingga mampu beradaptasi dengan situasi saat ini,” katanya.

Senada, masih dari akadmisi Taiwan, Dr. Rebeca Chou-Jui Lin dari Taouyuan General Hospital Taiwan, Rebecca menyampaikan tentang manajemen MDRTB dalam sistem kekebalan.

Prof. Dr. Revino, dr, SpP (K) yang membahas tentang isu tuberculosis di masa pandemik covid-19 dan Dr Edy Wuryanto, S. Kp., M. Kep, yang memaparkan materi tentang penanganan covid-19 di Indonesia dengan menggunakan mitra, salah satunya yakni duta gugus tugas dan BPJS. Sebelumnya, KUI UMKU juga telah melaksanakan webinar yang bertema tentang kefarmasian dan keperawatan.  Sesi  4 atau terakhir yang akan dilaksanakan 15/11 mendatang terkait mengenai kebidanan. (YM/YM) 

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.