HKN 2019: Ratusan Kader Kesehatan 19 Puskesmas di Kudus Ikuti Jambore

oleh

Kudus, isknews.com – Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus menggelar Jambore Puskesmas, Acara yang melibatkan para kader promotor kesehatan di wilayah binaan Puskesmas se Kabupaten Kudus itu mengikuti jambore  di Taman Sardi, Desa Lau Kecamatan Dawe Kudus, Rabu (06/11/2019).

Sebanyak 190 kader kesehatan dari 19 puskesmas di Kudus mengikuti kegiatan tersebut dimana masing-masing desa/kelurahan mengirimkan 10 kader kesehatan untuk mengikuti sejumlah lomba-lomba.

Para Kader kesehatan saat mengikuti Jambore Puskesmas di Taman Sardi Dawe Kudus (Foto: YM)

Budi Istriawan, Ketua Jambore Kader Kesehatan tahun 2019 mengatakan ada tiga aspek yang ditekankan kali ini. Antara lain, permasalahan stunting, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

TRENDING :  Capai 0,61 Persen, Bawang Merah dan Cabai Sumbang Inflasi Kudus Juni 2019

Mengingat tiga hal tersebut, hingga kini masih menjadi PR bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus beserta jajarannya. Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap pengetahuan dan ketrampilan para kader kesehatan dapat meningkat.

“Harapannya kedepan angka stunting, AKI dan AKB di Kudus bisa terus ditekan,” tandasnya.

Para pemenang pada lomba-lomba yang digelar pada jambore puskesmas (Foto: YM)

Sementara itu, Sri Sumarni, Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus menambahkan, tahun ini, AKI dan AKB di Kudus belum mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

TRENDING :  Pemkab Kawal Penyaluran Pupuk Urea Bersubsidi

“AKI dan AKB masih dibawah angka nasional dan provinsi. Tetapi tahun ini angkanya masih sama seperti tahun kemarin. Sekitar 11 kasus,” ujarnya.

Sementara untuk angka stunting, Kudus masih diatas sepuluh besar. Dari jajaran kabupaten dengan temua stunting terbanyak di Indonesia.

Harapan yang sama dilontarkan pihaknya. Dimana ilmu dan ketrampilan yang didapat dari kegiatan Jambore Kader Kesehatan ini diharapkan dapat diterapkan diimplementasikan dengan baik oleh para kader. Sehingga progam preventif dan promotif dapat berjalan dengan maksimal.

TRENDING :  Peminat Jalur Prestasi di Sekolah Favorit 'Membeludag' Melebihi Kuota

Dalam kegiatan tersebut, lomba cerdas cermat dimenangkan oleh kader dari Puskesmas Ngembal Kulon. Diurutan kedua, diraih oleh Puskesmas Gribig dan urutan berikutnya Puskesmas Rejosari.

Sedangakan untuk lomba penyuluhan dimenangkan Puskesmas Gribig. Diurutan berikutnya ada Puskesmas Dersalam dan Puskesmas Rendeng. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :