Indonesia Kaya kembali cari Bakat Baru Lewat Audisi Online Mentjari Bang Maing dan Djoewita

oleh -427 kali dibaca
Narasumber - VPC Mentjari Bang Maing dan Djoewita

Budaya, isknews.com – Senantiasa menyuguhkan berbagai hiburan dan kegiatan menarik bagi para penikmat seni di rumah, di tahun 2022 www.indonesiakaya.com kembali menghadirkan program kreatif terbaru yang ditujukan kepada para seniman muda Indonesia.

Bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), kali ini www.indonesiakaya.com akan menyelenggarakan audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita.

Mentjari Bang Maing dan Djoewita ini merupakan rangkaian program online yang bertujuan menyaring seniman muda berbakat Indonesia. Peserta yang memiliki kemampuan akting, vokal, tari, dan bermain instrumen musik (tidak wajib) yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan untuk menjadi bagian dari drama musikal terbaru yang diproduksi oleh www.indonesiakaya.com bersama Garin Nugroho dan juga TEMAN.

Karya yang diangkat dari kisah hidup komponis besar Indonesia, yaitu Ismail Marzuki atau yang juga kerap disebut dengan nama Bang Maing ini rencananya akan diproduksi di pertengahan tahun 2022 mendatang. Layaknya program audisi Mencari Siti yang telah diselenggarakan di tahun 2021 lalu, nantinya program ini juga akan diisi oleh para pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus audisi.

“Melihat apresiasi masyarakat yang tinggi dengan beragam hiburan menarik yang kerap kami suguhkan, serta banyaknya seniman muda dengan segudang bakat dan talenta yang luar biasa, mendorong kami untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam menghadirkan beragam hiburan bagi para pecinta seni. Kali ini, kami akan kembali mencari bakat-bakat baru generasi muda Indonesia untuk terlibat dalam serial musikal yang akan ditayangkan secara virtual.

Program Mentjari Bang Maing dan Djoewita ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung seni pertunjukan Indonesia dan mencari seniman muda demi keberlangsungan proses regenerasi dalam seni pertunjukan Indonesia. Semoga program ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita telah dibuka dan akan berlangsung hingga 13 Maret 2022 pukul 23.59 WIB. Audisi online ini bisa diikuti oleh usia 18 tahun ke atas, memiliki kemampuan akting, vokal,  tari, dan bermain instrumen musik (tidak wajib). Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Untuk peserta pria dapat merekam 3 video audisi, yaitu video vokal & koreografi ‘Payung Fantasi’, vokal ‘Dari Mana Datangnya Asmara’, dan bermain musik ‘Sepasang Mata Bola’ (tidak wajib) dan untuk peserta perempuan dapat merekam 2 video audisi  yaitu video vokal & koreografi ‘Juwita Malam’ dan vokal ‘Dari Mana Datangnya Asmara’, sesuai dengan format dan contoh audisi yang tersedia di YouTube IndonesiaKaya dan mengunggah kedua video audisi ke YouTube atau GDrive.

“Melangsungkan audisi secara online tentu memiliki tantangan tersendiri, karena kami belum dapat bertatap muka secara langsung dengan para peserta. Namun, ketika melihat antusiasme dari para peserta dalam menjalankan audisi dan banyaknya pertanyaan yang masuk di sosial media memberikan sebuah semangat tersendiri bagi kami.

Kami harap, melalui audisi online ini kami dapat menemukan wajah-wajah baru, agar dapat bersama-sama menyuguhkan sebuah sajian yang tak hanya menarik dan menghibur, namun juga dapat memanjakan mata dan telinga para penikmatnya,” ungkap Chriskevin Adefrid selaku perwakilan dari TEMAN.

Elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu unsur yang akan diutamakan dalam menciptakan serial musikal ini. Garin Nugroho selaku eksekutif produser mengungkapkan, “Ismail Marzuki atau Bang Maing merupakan sosok seniman, komposer, serta pahlawan nasional yang sangat berpengaruh dalam dunia seni terutama musik di Tanah Air.

Ratusan karya yang beliau ciptakan masih didengarkan dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Sebagai tokoh seni penting di Tanah Air yang menerima beragam penghargaan, mengangkat kisah hidupnya ke dalam sebuah produksi serial musikal tentu akan menjadi sebuah karya yang menarik dan baru bagi berbagai pihak yang terlibat. Semoga nantinya karya ini dapat diapresiasi dan menambah wawasan masyarakat tentang Bang Maing,”

Pada 2021, www.indonesiakaya.com sukses menyuguhkan Serial Musikal Nurbaya  yang terinspirasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Serial Musikal Nurbaya ini diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online Mencari Siti dan berhasil lulus casting.

Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktop yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun 2020. Serial Musikal Nurbaya, mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Indonesia, dan telah disaksikan lebih dari 20 juta kali di YouTube IndonesiaKaya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :