Ini Dia, 6 Titik Lokasi Rawan Laka Lantas Di Kudus

oleh -1,306 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Di Kabupaten Kudus, terdapat sejumlah jalan yang merupakan daerah atau lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Warga masyarakat diminta waspada, hati-hati dan mentaati peraturan rambu-rambu lalu lintas jika melewati jalan yang rawan laka lantas itu, terlebih pada saat berlangsungnya lebaran, di mana kepadatan lalu lintas akan meningkat, baik arus mudik maupun arus balik.
Keterangan yang dihimpun isknews.com, dari Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, Jumat (10/6), menyebutkan, jalur jalan rawan laka lantas itu lokasinya berada di Jalan Raya Kudus – Pati, Jalan Raya Kudus – Jepara, Jalan R Agil Kusumadia dan jalan lingkar timur. Penyebab rawan laka lantas, kecuali jalan lingkar, adalah belum adanya median jalan dan kecepatan arus lalu lintas cenderung tinggi.
Berikut ini, keenam titik lokasi rawan laka lantas di Kudus. Untuk yang di Jalan Raya Kudus – Pati, terdapat tiga titik lokasi rawan laka lantas. Yakni di kilometer (Km)-5, Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, rawan laka lantas karena kondisi jalan lurus dan rata, setelah memasuki pasar buah jalan menyempit, belum ada median jalan, kecepatan arus lalu lintas cenderung tinggi.
Kemudian Raya Kudus – Pati kilometer (Km)-8, perempatan Krawang, jalan lebar dan sudah ada lampu pengatur lalu lintas, namun aktifitas warga padat dengan adanya SPBU, banyak kendaraan yang keluar masuk, masih ditambah adanya truk-truk pengangkut galian C. Arus lalu lintas dari arah timur (Pati), cenderung ngebut, selepas lampu merah dan belum ada median jalan.
Selanjutnya di Jalan Raya Kudus – Pati Km-10, Desa Klaling – Terban, Kecamatan Jekulo rawan laka lantas dikarenakan kondisi jalan menikung, tidak ada median jalan, kecepatan arus lalu lintas relatif tinggi.
Jalan Raya Kudus – Pati Km-13, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, rawan laka lantas karena kondisi jalan rata dan lurus, tidak ada median jalan, mendorong kecepatan arus lalu lintas maksimal dan saling mendahului.
Di Jalan Raya Kudus – Jepara, terdapat dua titik lokasi rawan laka lantas. Yakni di Km-3, Desa Prambatan, Kecamatan Kaliwungu, rawan laka karena kondisi jalan yang lurus, belum ada median jalan, arus lalu lintas padat dan kecepatan tinggi, aktivitas warga cukup tinggi di jam-jam tertentu dengan adanya sejumlah sekolahan.
Selanjutnya di Km-5, Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, rawan laka lantas karena kondisi jalan rata dan tikungan tajam, kecepatan arus lalu lintas relatif tinggi dan belum ada median jalan.
Jalan Raya R Agil Kusumadia, lokasi rawan laka lantas ada di simpang tiga depan PLN, rawan laka lantas karena kondisi jalan rata dan menikung, belum ada median jalan, sudah ada lampu isyarat pengatur lalu lintas tetapi cenderung diabaikan, kecepatan arus lalu lintas cukup tinggi.
Sementara untuk jalan lingkar timur, lokasi rawan lalu lintas di tikungan tajam, Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, dengan seringnya terjadinya laka lantas di jalur Surabaya – Semarang ini. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :