Jajanan Jadul Gandos Tetap Eksis Di Tengah Serbuan Jajanan Kekinian

oleh -77 kali dibaca
Foto : Bagas/PPL

Kudus, isknews.com – Gandos yang merupakan makanan tradisional berbahan dasar tepung beras dengan dominan rasa yang gurih. Gandos atau yang biasa dikenal dengan kue pancong ini mulai jarang ditemui. Salah satu yang mudah ditemui di kota Kudus berada di sebelah timur Lapangan Rendeng, Jum’at (05/07/2024).

Kue gandos milik Heru Wahyudi buka sejak pertengahan tahun 2019. Yang berawal dari seorang guru honorer dan berjualan kelapa kemudian salah satu dari pelanggan kelapa memberikan resep kepada Heru yang kemudian ia beralih untuk berjualan kue gandos.

Lelaki paruh bayah tersebut menjajakan dagangannya mulai setelah subuh hingga sore hari pada saat weekend ataupun hari libur. Sedangkan saat hari-hari biasa buka jam 07.00 hingga sore hari. Gandos ini dijual dengan harga Rp600 saja. Tak hanya gandos, Heru juga menjual pukis dengan harga Rp1000.

“Dulu saat pandemi bisa dapat Rp1.000.000 sehari sekarang kalau hari biasa sekitar Rp500.000 dan hari libur Rp1.000.000,” ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa sekarang banyak persaingan seperti jajanan lain, “gak mungkin orang tiap hari jajan gandos pasti bosen ya,” ujar Heru. (Bagas)

KOMENTAR SEDULUR ISK :