Jalur Alternatif Tetap Disiapkan Meski Banyak Diabaikan Pemudik

oleh -1,011 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Meskipun jarang dimanfaatkan oleh pemudik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus tetap menyiapkannya, termasuk pemasangan rambu-rambunya. “Pemasangan rambu-rambu itu bertujuan agar pengguna jalan, khususnya arus mudik lebaran, mempermudah dan mengetahui adanya jalur alternative, serta mamanfaatkannya,” kata Kapala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Angkutan Angkutan (LLAJ) Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Putut Dwi Kuncoro, saat dihubungi isknews.com, Rabu (29/6).
Pantauan isknews.com, di lapangan, Kamis (30/6), alur alternative selatan yang melewati wilayah Kecamatan Mejobo, pada lebaran 1437 H/2016 ini, dibuat menjadi dua arah, untuk arus lalu lintas Semarang – Surabaya. Untuk pemberitahuan kepada pemudik yang dari arah Semarang, telah dibuatkan rambu-rambu baru, berbentuk segi empat warna hijau.
Rambu-rambu baru itu dipasang di sejumlah tempat, sesuai arah pengalih lalu lintas arus mudik, yakni di perempatan jalan lingkar Jepang – pertigaan Desa Hadiwarno – pertigaan Bulungcangkring – perempatan pladen, belok ke kiri dan sampai pertigaan Pladen Jalan Kudus – Pati.
Tujuan dari dibuatnya lalu lintas dua arah itu, adalah untuk menghindari kemacetan di Pasar Bareng, Karena itu bagi pemudik yang sudah terlanjur masuk Jalan Kudus – Pati, setelah sampai perempatan, bisa lewat jalur alternative, Krawang – Tanjungrejo – Klaling dan kembali ke Jalan Kudus – Pati. Atau, Krawang – Tanjungrejo – Honggosoco – Kandangmas – Gembong (Kabupaten Pati)
Sementara untuk arus mudik dari arah Surabaya (Pati), untuk menghindari kemcetan di Pasar Bareng, ada dua “pintu” jalur alternative yang bisa dilalui, pertama, pertigaan Pladen – perempatan Pladen – Bulungcangkring – Pasar Brayung – perempatan Jepang – jalan lingkar. Selanjutnya, Puskesmas Jekulo – Pladen – Balungcangkring – Pasar Brayung – perempatan Jepang – jalan lingkar. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.