Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kudus Gelar Apel Siaga

oleh -123 kali dibaca
Foto: Dok. Bawaslu Kudus

Kudus, isknews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kudus menggelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024, di Bukit Wisata Pijar Park Kudus, Senin (5/2/2024).

Apel yang diikuti oleh seluruh Jajaran Pengawas Pemilu tingkat kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan/desa ini bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat kesiapan para pengawas dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu diwilayah Kabupaten Kudus dengan berpegang pada payung hukum kepemiluan guna mencegah agar tidak terjadi pelanggaran.

“Masih ada 10 hari ke depan untuk siaga penuh, sebelum memasuki masa tenang. masa tenang biasanya digunakan oleh pemilih untuk menentukan pilihannya setelah seluruh peserta pemilu menyampaikan visi dan misi dimasa kampanye. Namun, bagi penyelenggara pemilu, itu merupakan titik kritis. Karena selama tiga hari, kita harus memastikan tidak ada kampanye, tidak ada politik uang dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah,” tegas Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan dalam sambutan pengarahan pada Apel Siaga hari ini.

Lebih lanjut dikatakan, pasca tahapan masa tenang merupakan titik akhir tahapan krusial pemilu yaitu tahapan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan pengetahuan regulasi yang komprehensif untuk memastikan tahapan berjalan dengan baik dan demokratis.

“Saya tegaskan kembali kepada para pengawas di Kabupaten Kudus untuk tetap komitmen melakukan pengawasan dengan sungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan rasa tanggungjawab yang tinggi, demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di Kabupaten Kudus,” lanjutnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Dr. H. M. Hasan Chabibie, S.T., M.S.i. menuturkan, gelaran pemilu 2024 tinggal menghitung hari, saat ini konstelasi dan suhu politik pun semakin meningkat. Untuk itulah, fungsi oengawasan menempati posisi yang sangat penting dan strategis dalam setiap tahapan pemilu. Tak kalah penting, partisipasi masyarakat menjadi faktor yang dominan bagi suksesnya pemilu 2024 yang berkualitas.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kudus mengapresiasi terselenggatanya apel siaga kali ini. Apel siaga ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam pengawasan disetiap tahapan pemilu serta upaya mewujudkan pemilu 2024 yang berintergritas, jujur, dan adil,” tutur Hasan Chabibie.

Perlu dipahami, bahwasannya kunci sukses pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, tetapi tugas bersama seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mempersempit ruang terjadinya kerawanan pemilu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi mulai dari unsur pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan masyarakat.

“Saya berharap seluruh pihak berkomitmen mengedepankan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan secara baik dan profesional. Saya juga meminta agar kondusifitas Kabupaten Kudus yang telah berjalan dengan baik ini terus kita pertahankan,” pintanya.

Perlu diketahui, kegiatan Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kudus, OPD Kabupaten Kudus, KPU Kudus, Partai Politik di Kabupaten Kudus, dan Kepala Desa Kajar. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :