Kemeriahan Haul Sang Maestro Joglo Kudus

oleh -1,314 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ribuan warga Desa kaliwungu dukuh proko winong Kecamatan Kaliwungu Kudus mengarak gunungan nasi berkat sejauh kurang lebih satu kilometer, sebelum akhirnya diperebutkan dan dimakan beramai-ramai di lapangan prokowinong tempat berlangsungnya acara kirab. Hal Ini dilakukan warga untuk msmeriahkan perayaan Haul Mbah Rogo Moyo, pada Rabo (4/10/2017).

“Nasi berkat yang diarak bersama luwur (kain mori penutup makam,) Mbah Rogo Moyo,” kemudian di arak menuju makam bsrsama para sesepuh dan warga.

Puji Harun Ainur Rosyid selaku ketua panitia saat di temui isknews.com mengatakan “kegiatan tahunan tersebut selalu berlangsung dengan meriah. Tujuannya ialah untuk mengingat cikal bakal sebagai pendahulu yang juga ahli dalam tukang kayu sehingga mampu membuat rumah adat Kudus” katanya

Ia juga menambahkan bahwa “Ini adalah tahun ke delapan digelar dan diadakannya acara kirab, dan tiap tahun selalu bertambah meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya,”

Selain luwur dan gunungan berkat, terdapat juga berbagai atraksi dari para peserta kirab Haul Mbah Rogo Moyo. para peserta kirab berjalan dari Masjid ‎Darul Istiqomah atau sering disebut Masjid Alit.
Warga kemudian mengelilingi kampung hingga sampai ke lapangan tempat berlangsungnya acara tersebut. Wargapun tampak antusias sepanjang kiri kanan jalan untuk menyaksikan jalannya kirab. peserta kirab yang berjumlah mencapai 1400 an mulai dari tingkat RT, Sekolah dan juga warga sekitar desa yang juga ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Sekretaris kegiatan Feri Andriawan menyebutkan, kegiatan kirab haul Mbah Rogomoyo bukanlah puncak acara. Karena, sebelumnya ada kegiatan pameran Kaliwungu, pentas seni, jalan sehat dan ditutup dengan pengajian.

“Dalam pengajian juga dibagikan nasi berkah. Jadi yang tak dapat bisa datang ke pengajian,” imbuhnya. (υAJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.