Ketua KONI : Percepatan Penetapan Kudus Tuan Rumah Poprov 2022 Pengaruhi Kesiapan Venue

oleh
Antoni Alvin Ketua KONI Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Meski penetapan secara resmi tentang penunjukkan Kabupaten Kudus bersama sejumlah kabupaten yang lain sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah ke XVI 2022 belum ada.

Namun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus tetap mempersiapkan diri menyambut pagelaran empat tahunan tersebut.

Ketua KONI Kudus, Antoni Alfin mengatakan bahwa pihaknya terus mempersiapkan atlit dan venue untuk menghadapi Poprov 2022 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam ajang tersebut.

“Kami terus lakukan audiensi dengan pihak-pihak terkait soal ini, termasuk bersama ketua-ketua KONI se Muria Raya akan menemui Gubernur Jawa Tengah untuk meminta kepastian sebagai tuan rumah pekan olahraga terbesar se Jawa Tengah,” katanya saat di temui di kantornya, Senin (17/06/2019).

Dia menilai, percepatan penetapan Kudus sebagai tuan rumah Poprov akan mempengaruhi tingkat kesiapan venue yang ada. Sarana dan prasarana juga harus dipersiapkan sedemikian rupa.

TRENDING :  PTM Sukun Sabet Gelar Juara Umum di Sukun Pemuda Klaten

Oleh karena itu, pihaknya berharap penetapan tuan rumah tidak mepet pada gelaran. Mengingat kesiapan sarana dan prasarana merupakan gambaran dari kesiapan tuan rumah. Terlebih saat ini beberapa venue yang ada dinilai membutuhkan perawatan dan perbaikan dengan jangka waktu yang cukup lama.

“Kami harap 2019 ini sudah ditetapkan. Sehingga persiapannya bisa maksimal, termasuk kesiapan Stadion yang akan di gunakan pada upacara pembukaan dan penutupan nanti,” lanjutnya.

Menurut Antoni Alfin persiapan venue beserta sarprasnya hingga harus segera dilakukan. Kendati tidak dapat dilakukan dalam berskala besar-besaran.

Pagelaran Popda juga dapat digunakan untuk mengevaluasi venue yang ada. Sembari mempersiapkan venue untuk Poprov 2022.

“Sambil jalan kami evaluasi, kami lihat yang kurang dan kami persiapkan,” tegasnya.

Tak hanya venue, pemberdayaan serta peningkatan kualitas atlit juga terus digalakkan pihaknya. Seperti pemberian intensif pada para atlet juga pihaknya lakukan.

TRENDING :  Tanpa Hambatan Berarti, Wakil Sukun Ivojo Kudus Melaju Ke Babak Selanjutnya

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar atlit tidak akan lari ataupun ‘dicuri’ daerah lain.

“Mengingat fenomena tersebut sering terjadi menjelang mepet kompetisi, dan atlet andalan kita di Cabang atlet juga sudah nyaris di ambil pihak lain, beruntung batal” ujarnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa untuk penyelenggaraan Porprov yang mengagendakan Kudus sebagai salah satu tuan rumah di butuhkan kesiapan mengenai anggaran dan sarana prasarana.

“Saya yakin kita mampu, apalagi sejumlah cabang olahraga (Cabor) yang di pertandingkan nanti, kita siap menjadi penyelenggara dan penyelenggaraan venue,” kata dia.

Sebelas cabor yang sudah dinyatakan siap oleh KONI Kudus adalah Anggar di GOR IAIN Kudus, Atletik perlu sedikit pembenahan untuk lintasan atletik di Stadion Wergu Wetan Kudus, Balap Motor di Sirkuit Balai Jagong, Billiard di Markass Sport Center, Bola Baseket di Multifunctions Sport Center dan bulutangkis di Gor Djarum Jati dan Kaliputu.

TRENDING :  29 Atlet Tenis Meja Sukun Kudus Sabet 6 Medali Kejuaraan Tenis Meja ITB Open 2015

“Sementara untuk cabor Hockey kita perlu pembenahan dan menginstall lapangan GOR Bung Karno, Sepakbola di GOR Wergu Wetan, Futsal di United Futsal Stadium, sepatu roda di Komplek Gor dengan pembenahan sedikit dan Tenis Meja di GOR Tenis Meja Sukun,” ungkap Anton.

Tak hanya Cabor, anggaran dan sarpras, Anton mengaku kesiapan SDM juga telah ia matangkan bila nanti resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov 2022 bersama 5 Kabupaten lain.

Sebelumnya, Kabupaten Kudus bersama lima kabupaten lain yakni, Kabupaten Pati, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan, siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XVI Jawa Tengah 2022 mendatang.

Mereka akan bersaing dengan Kota Semarang yang juga mengincar posisi tuan rumah pada gelaran empat tahunan tersebut. Sedang pada Prorprov XVI 2022 nanti,47 cabang akan diperlombakan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :