Khotmil Qur’an dan Resepsi Virtual Warnai Milad 1 Abad SD Muhammadiyah 1 Kudus

oleh -306 kali dibaca
Nampak karangan bunga membanjiri SD Muhammadiyah 1 Kudus dalam Milad 1 Abad. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Perayaan Puncak Milad 1 Abad SD Muhammadiyah 1 Kudus pada Sabtu (9/1/2021), menjadi momen istimewa karena hari bahagia itu diperingati di tengah pandemi coronavirus disease (Covid-19). Oleh karena itu, seluruh kegiatan parade perayaan Milad SD Muhammadiyah Kudus yang biasa digelar, tidak semua dilaksanakan pada tahun ini.

Semangat peringatan Milad 1 abad SD Muhammadiyah Kudus dipadukan melalui tema “Satu Abad Bertekad Mengantarkan Generasi Bangsa yang Islami, Modern dan Berbudaya” Tema tersebut menyiratkan makna bahwa segenap guru dan karyawan selalu bekerja dengan kreatif, lebih optimal serta efisien untuk memberikan pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa yang islami dan berbudaya ditengah modernitas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SD Muhammadiyah Kudus melalui ketua Panita Santoso mengatakan bahwa peringatan Milad 1 Abad SD Muhammadiyah Kudus dilaksanakan dengan sederhana dan singkat.

“Sabtu pagi, kita gelar khotmil qur’an ke II yang dibacakan dengan metode qira’ati oleh adik Baharudin Fadhil (kelas 5) dan Arminda Kalya Reswara (kelas 3) SD Muhammadiyah Kudus,” jelas Santoso.

Ia manambahkan, selain khotmil qur’an, juga digelar Lomba tingkat TK dan SD. “Untuk lomba tingkat TK digelar se eks-Karesidenan Pati pada Tanggal 1 – 30 Desember 30 2020, meliputi jenis lomba Adzan, Pildacil, Tahfidz, Mewarnai dan Solo song, sedangkan untuk tngkat SD digelar se Kabupaten Kudus pada 16 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan jenis lomba  Tahfidz, Adzan, Pildacil dan Puisi,” bebernya.

Sedangkan pada puncak acara, lanjut Santoso, akan digelar resepsi virtual pada Sabtu (9/1/2021) siang pukul 12.30 – 15.00 WIB, sekaligus pengumuman virtual untuk lomba-lomba diatas.

Dalam Milad kali ini, Panitia menghadirkan tamu istimewa, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M. Ed. dan Ketua Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kudus, Dr. H. Ahmad Hilal Madjdi. M. Pd dan

Sementara KH. Mustain Yanis, amanah metodologi qira’ati cabang Kudus mengapresiasi kegiatan mengaji SD Muhammadiyah 1 Kudus yang masih eksis, “Memang dengan instruksi dari pusat, siswa dianjurkan untuk belajar di TPQ atau di rumah guru terdekat, hal itu perlu dukungan dari semua pihak, baik guru maupun orang tua atau wali murid untuk tetap eksis mengaji fastabiqul Khoirot meski di tengah pandemi,” paparnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :