Kreta Pelangi di Ngembal Rejo Kudus ini Mendidik Anak Berkreasi dan Bermain Edukatif

oleh
Kreta Pelangi di Ngembal Rejo Kudus ini Mendidik Anak Berkreasi dan Bermain Edukatif ISKNEWS.COM
Foto: Sejumlah anak dan pembimbing dari Kreta Pelangi saat foto bersama di Stand Dulbahlim pada kegiatan expo gebyar kemerdekaan RI ke-73 di lapangan Balai Desa Ngembal Rejo. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kegiatan Kreta Pelangi (kreasi tangan peduli lingkungan anak negeri) adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan memberi wadah anak-anak untuk berkreasi, dan bermain edukatif.

“Kegiatan ini berlangsung rutin setiap hari sabtu malam, dan minggu pagi di lapangan dan pos ronda RT 02 RW 4 Ngembal Rejo,” kata Founder Kreta Pelangi, Amalia Zulfana saat ditemui isknews.com Minggu (2/9/2018).

Semua orang tua dan warga setempat mendukung program ini, karena selain memberi edukasi anak, kegiatan kreta pelangi juga memberikan keterampilan dan pengetahuan tentang lingkungan untuk anak-anak.

“Sebut saja, pada acara expo gebyar kemerdekaan RI ke-73 di lapangan Balai Desa Ngembal Rejo, anak-anak Kreta Pelangi saya pindahkan di stand Dulbahlim untuk kreasinya, sebagai rasa apresiasi atas semangat anak-anak, hasil kreasi tadi malam di lombakan, sehingga anak-anak lebih semangat lagi dalam berkreasi,” ujarnya.

TRENDING :  Bea Cukai Kudus Musnahkan 23,5 Ton Rokok Ilegal

“Diantara hasil kreasinya adalah karya baju daur ulang, hiasan, bros, bunga dari kertas, anyaman, jepit rambut dan lainnya,” tambahnya.

Karena dukungan dan antusias warga, wanita yang akrab dipanggil Lia dan suami Faesal Adam yang juga pegiat sosial lingkungan di kresek.id, Ia rencananya akan memperluas program ini baik untuk anak-anak maupun orang tuanya yaitu sedekah sampah dan literasi anak dengan mendirikan posko sedekah sampah dan ruang baca anak.

TRENDING :  Tak Disangka, Lahan Kosong Disulap Jadi Kebun Gizi di Kudus

Harapannya dari kegiatan positif ini anak beserta warga bisa melakukan kegiatan sosial dan pendidikan di lingkungan sendiri, dan anak-anak bisa lebih proaktif untuk edukasi baik lingkungan, pendidikan dengan menumbuhkan niat baca dan tumbuh jiwa sosialnya dengan program sedekah sampah.

Selain itu, lanjut Lia, kegiatan ini terbuka untuk warga atau anak di luar RT 02 RW 04 ngembal rejo, bagi yang ingin bergabung menjadi peserta atau anak didik disini bisa menghubungi Amalia (founder) dan diwajibkan membawa sampah layak kreasi dan layak jual untuk disedekahkan di posko sedekah sampah. Lebih lanjut, bagi yang ingin menjadi relawan, program ini terbuka, dengan senang hati silahkan bergabung.

TRENDING :  Pemilihan Duta Wisata Kudus Masuki Tahap Seleksi Wawancara

Untuk program lanjutannya nanti, kata Lia, rencananya ada sedekah sampah dan ruang baca anak yang masih dalam proses, karena membutuhkan dana lebih untuk membangun posko sedekah sampah. “Bagi yang ingin menjadi donatur program sosial edukasi KRETA PELANGI bisa menghubungi 082134914484 (founder sekaligus ketua program),” terangnya. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :