Lapuk, Rumah Milik Lansia Roboh

oleh -109 views

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Rumah milik Sodiq (78) warga RT 8 RW 2 Desa Kerso Kecamatan Kedung roboh pada Jumat (28/4/2017) pagi. Robohnya rumah itu  diduga lantaran rumah sudah dalam kondisi lapuk karena usianya tua. Rumah tersebut roboh sekitar pukul 06.30 WIB. Beruntung dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa.

Rumah yang roboh ini ditempati oleh Sodiq dan istrinya Ratemi (65). Rumah yang roboh tersebut  berukuran sekitar 10 x 10 meter, dengan masih berlantai tanah dan berdinding bambu (gedhek). “Beruntung saat kejadian, penghuni rumah sedang berada di luar sehingga bisa menyelamatkan diri,” kata Drs. Sutomo, Petinggi Desa Kerso kepada isknews.com, Jumat (28/4/2017).

Saat kejadian rumah roboh itu, kata Sutomo, kondisi cuaca cukup cerah dan tidak hujan. Robohnya rumah itu, katanya, murni karena kondisi rumah yang sudah lapuk dan tua. Kerugian akibat peristiwa itu sekitar Rp. 20 juta. “Setelah rumahnya roboh, korban sementara akan tinggal bersama dengan keluarganya,” jelasnya.

Sutomo menambahkan, setelah kejadian ini, pihak desa akan membantu korban untuk membuat tempat tinggal sementara. “Setelah kejadian, kami langsung cek ke lokasi dan meminta untuk segera di bersihkan dan mencari tukang kayu, biayanya nanti dicarikan,” ujarnya.

Meskipun sudah diketahui rumah tersebut cukup lapuk, pihak desa ternyata belum mengajukan rumah itu di program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). “Memang rumah itu belum kita masukkan di program RTLH, tapi pihak desa tetap akan membantu,” ujarnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.