Lindungi Anak Dari Campak Dan Rubella, Agustus Ini DKK Kudus Lakukan Vaksinasi MR Di Sekolah Sekolah

oleh -958 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang
disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Sejalan dengan arahan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus juga giat mengkampanyekan program imunisasi measles rubella atau MR yang akan dilaksanakan pada Agustus-September 2017. Program imunisasi measles rubella akan diberikan pada anak-anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun.

Imunisasi ini gratis dan wajib tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto saat di temui usai menghadap Bupati di area Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (24/7/17).

Masih menurut Joko, Pelaksanaan vaksinasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Kudus bakal menyasar ke sekolah-sekolah terlebih dahulu dan  akan dilakukan mulai awal Agustus 2017 hingga 15 Agustus 2017.

“Selama lima belas hari kami akan melakukan vaksinasi ke setiap sekolah yang ada di Kabupaten Kudus, selama sisa waktu 15 hari terakhir pada bulan Agustus, akan kami gunakan untuk evaluasi vaksinasi, untuk mengantisipasi bagi mereka yang masih belum divaksin,” jelasnya.

Untuk memperlancar jalannya vaksinasi, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan. Selain itu, pihaknya juga menggandeng semua elemen tenaga kesehatan yang ada di Kudus.

“Kami libatkan para petugas kesehatan yang ada di Puskesman dan rumah sakit, Vaksin tersebut, katanya, diperuntukkan bagi setiap warga yang berusia sembilan bulan sampai 15 tahun sementara vaksinasi kepada setiap balita akan kami lakukan pada bulan September mendatang, karena Agustus kita fokus ke sekolah terlebih dahulu, target kami 95 persen sasaran vaksin bisa kami lakukan” tutur Joko. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :